April 22, 2013

Talaash (2012)

Masih ingat di benak saya ketika melihat ending film Kahaani-nya Sujoy Ghosh yang edan itu. Dan kali ini saya kembali dipertemukan dengan film India lainnya yang katanya juga twist ending, Talaash.

Film yang berjudul lengkap Talaash: The Answer Lies Within ini mengisahkan tentang seorang polisi bernama Inspector Surjan Singh Sekhawat (Aamir Khan) yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus kecelakaan mobil aktor terkenal Armaan Kapoor (Vivan Bhatena). Selagi dia menyelidiki kasus tersebut sampai suatu hari dia bertemu dengan PSK cantik bernama Rosie (Kareena Kapoor) yang juga turut membantu dalam penyelidikan tersebut. Disamping dia menyelidiki kasus tersebut Surjan harus menghadapi masalah dengan istrinya, Roshni (Rani Mukerji).

Talaash yang dibuka dengan adegan kecelakan mobil yang nantinya akan menjadi permasalah inti dari film ini. Reema Kagti selaku sutradara yang menulis skrip ceritanya dibantu oleh Zoya Akhtar. Berhasil membuat film dengan plot cerita yang sebenarnya sederhana menjadi sebuah film dengan kepingan puzzle bertebaran terangkai satu demi satu yang dengan cerdas mengelabui penonton dengan twist ending-nya. Sebenarnya dari awal banyak clue-clue dari dialog atau adegan dari film ini yang mungkin akan menjawab ending-nya. Film ini bukan sekedar berbicara tentang kasus kecelakaan tersebut, tapi juga bagaimana Surjan menghadapi masalah disfungsionalnya dengan istri dan mendiang anaknya. Dan perlu diketahui untuk anda yang tidak menyukai dengan cirri khas film India seperti adegan yang tiba-tiba nyanyi-nyanyi gak jelas atau tiba-tiba joget satu kampung. Tenang saja, anda tidak akan menemukannya disini.