April 9, 2014

The Raid 2: Berandal (2014)

Setelah 2 tahun lalu Gareth Huw Evans menggebrak dunia film action dan megharumkan nama Indonesia lewat The Raid: Redemption. Jelas tidak ada alasan untuk tidak membuat sequelnya, bahkan Gareth sudah mencanangkan untuk membuat trilogy. Dan jelas ekspektasi meningkatkan, apalagi film kedua ini banyak masuk di list film paling diantisipasi tahun ini. Jika apa yang anda lihat di film pertamanya sudah super, maka kalikan berkali-kali lipat kesuperan di film pertamanya itu, itulah The Raid 2: Berandal.

The Raid 2: Berandal mengisahkan dua jam setelah akhir film pertamanya. Rama (Iko Uwais) kini telah bergabung dengan pasukan yang dipimpin Bunawar (Cok Simbara), dia ditugaskan untuk menyelidiki polisi-polisi yang terlibat dalam criminal. Dia pun menyamar dengan menggunakan indentitas baru bernama Yudha, dia berusaha mendekati Uco (Arifin Putra) putera dari mafia bernama Bangun (Tio Pakusadewo). Namun Rama justru masuk sangat dalam mulai dari permasalahan Bangun dengan mafia Jepang  yang dipimpin oleh Goto (Kenichi Endo), hingga keterlibatan gangster pimpinan Bejo (Alex Abbad) yang mempunyai tiga orang andalannya; The Assassin (Cecep Arif Rahman), Hammer Girl (Julie Estelle) dan Baseball Bat Man (Very Tri Yulisman).

April 7, 2014

The Breakfast Club (1985)

“What’s bizarre? I mean, we’re all pretty bizarre. Some of us are just better at hiding it, that’s all.” – Andrew Clark

The Breakfast Club mengisahkan tentang lima orang siswa SMA; John Bender (Judd Nelson), Andrew Clark (Emilio Estevez), Brian Johnson (Anthony Michael Hall), Claire Standish (Molly Ringwald), dan Allison Reynolds (Ally Sheedy) yang mendapat hukuman dengan ditahan di dalam ruang sekolah selama satu hari karena akibat dari perbuatan mereka. Mereka dihukum dan selama itu diawasi oleh kepala sekolah mereka yang galak, Richard Vernon (Paul Gleason).

Film ini disutradarai oleh John Hughes (National Lampoon’s Vacation, Ferris Bueller’s Day Off, Home Alone), yang mana dia juga sekaligus menulis naskah ceritanya. Well, The Breakfast Club banyak disebut-sebut sebagai salah satu film tentang anak SMA terbaik yang pernah ada. Ya, John Hughes memang ahlinya membuat film-film tentang remaja atau coming-of-age. Di The Breakfast Club kali ini setting-nya hanya bertempat di sebuah gedung sekolahan dan mengambil waktu sehari. Di film ini pun akan lebih banyak diisi oleh dialog-dialog menarik antar karakternya, baik itu berupa saling menghina, adu argumen, bercanda atau yang lainnya.

April 1, 2014

Philomena (2013)

Philomena mengisahkan tentang Martin Sixsmith (Steve Coogan) seorang jurnalis yang suatu hari ditawari oleh seseorang untuk membuat sebuah buku mengenai masalah seorang wanita tua bernama Philomena Lee (Judi Dench). Yang mana Philomena mempunyai cerita kelam ketika dia masih sekolah khusus biarawati, yakni puteranya diadoptasi oleh orang lain tanpa ada kesepakatan dengannya, mereka pun sudah 50 tahun masih belum bertemu. Dan akhirnya Martin menerima tawaran tersebut namun Martin justru ikut terlalu dalam hingga harus membantu Philomena menemukan putera tersayangnya itu.

Film ini disutradarai oleh Stephen Frears, sedangkan naskah ceritanya ditulis oleh Steve Coogan dan Jeff Pope yang mengadaptasi dari buku berjudul The Lost Child of Philomena Lee karangan Martin Sixsmith. Kisah Philomena sendiri juga berdasarkan dari kisah nyata. Punya struktur cerita yang efektif, baik dan sederhana. Intinya ini adalah kisah seorang ibu yang sedang mencari puteranya yang sudah terpisah selama 5 dekade. Selain drama, di satu sisi Philomena ada unsur road-movie, di sisi lain juga ini seperti film-film ala investigasi, menjelajahi kota demi kota serta mencari informasi agar bisa bertemu anaknya.