April 7, 2014

The Breakfast Club (1985)

“What’s bizarre? I mean, we’re all pretty bizarre. Some of us are just better at hiding it, that’s all.” – Andrew Clark

The Breakfast Club mengisahkan tentang lima orang siswa SMA; John Bender (Judd Nelson), Andrew Clark (Emilio Estevez), Brian Johnson (Anthony Michael Hall), Claire Standish (Molly Ringwald), dan Allison Reynolds (Ally Sheedy) yang mendapat hukuman dengan ditahan di dalam ruang sekolah selama satu hari karena akibat dari perbuatan mereka. Mereka dihukum dan selama itu diawasi oleh kepala sekolah mereka yang galak, Richard Vernon (Paul Gleason).

Film ini disutradarai oleh John Hughes (National Lampoon’s Vacation, Ferris Bueller’s Day Off, Home Alone), yang mana dia juga sekaligus menulis naskah ceritanya. Well, The Breakfast Club banyak disebut-sebut sebagai salah satu film tentang anak SMA terbaik yang pernah ada. Ya, John Hughes memang ahlinya membuat film-film tentang remaja atau coming-of-age. Di The Breakfast Club kali ini setting-nya hanya bertempat di sebuah gedung sekolahan dan mengambil waktu sehari. Di film ini pun akan lebih banyak diisi oleh dialog-dialog menarik antar karakternya, baik itu berupa saling menghina, adu argumen, bercanda atau yang lainnya.

Ya, naskah cerita dari The Breakfast Club adalah kekuatan utama dari film ini. Dan itu lengkap dengan kelima karakter klisenya. Kelima karakter utamanya yang disini memiliki kepribadian yang berbeda-beda. John ‘The Criminal’ Bender, seorang remaja urakan dan menyebalkan. Andrew ‘The Athlete’ Clark, seorang atlet gulat yang punya prestasi segudang. Brian ‘The Brain’ Johnson, seorang remaja culun namun pintar. Claire ‘The Princess’ Standish, seorang perempuan cantik yang begitu populer. Dan  Allison ‘The Basket Case’ Reynolds, seorang perempuan weirdo. Dengan sifat dan latar belakang yang berbeda-beda itu mereka sering adu mulut. Namun seiring waktu berjalan mereka semua mulai mengenal dan memahami perbedaan satu sama lain. Justru dengan perbedaan-perbedaan itu merubah hidup mereka setelahnya. Banyak pesan dan pelajaran yang kita dapat setelah menonton The Breakfast Club ini. Langsung ke divisi akting, kelima remaja; Judd Nelson, Emilio Estevez, Anthony Michael Hall, Molly Ringwald, dan Ally Sheedy berhasil memerankan dan menghidupkan karakter masing-masing. Sayang karir mereka tidak terlalu cerah hingga sekarang.

Secara keseluruhan The Breakfast Club adalah sebuah film tentang remaja yang bagus. Salah satu masterpiece dari John Hughes ini tidak hanya memberikan pengaruh terhadap kelima karakter di film ini, tapi juga memberikan pengaruh ke penontonnya setelah menikmati 97 menit durasinya. Memang tidak berlebihan jika banyak yang menobatkan The Breakfast Club sebagai salah satu film tentang high school terbaik yang pernah dibuat oleh umat manusia.

4/5


6 comments:

  1. Film ini membuat gue suka genre coming-of-age sama lagu-lagu 80an, hahaha. Don't you~ forget about me~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gue dari sononya emang suka coming-of-age sih. Lupa film apa yang membuat gue suka sama genre itu. :)

      Delete
  2. Ahaha, beberapa bulan yang lalu gw nonton nih film. Asli, gw suka sama perbedaan tiap karakternya. Mereka memiliki sifat berbeda, punya rahasia dan cerita tersendiri. Keren dah, two thumb buat nih film. :D

    ReplyDelete
  3. kok gak ada yg full nya ya..?
    ada yg bisa bantuin gk gmna cranya agar bisa download film yg aslinya/ yg lengkapnya...
    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo donlot saya kurang tau mbak, tapi klo streaming di layarkaca21 bagus, di sono jg kaya.a bisa donlot deh soal.a ada ikon donlot.a cmn blm pernah coba donlot.
      Tapi sy lupa alamat situs.a, ketik aja layarkaca21 di google hehe..

      Delete