April 22, 2013

Talaash (2012)

Masih ingat di benak saya ketika melihat ending film Kahaani-nya Sujoy Ghosh yang edan itu. Dan kali ini saya kembali dipertemukan dengan film India lainnya yang katanya juga twist ending, Talaash.

Film yang berjudul lengkap Talaash: The Answer Lies Within ini mengisahkan tentang seorang polisi bernama Inspector Surjan Singh Sekhawat (Aamir Khan) yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus kecelakaan mobil aktor terkenal Armaan Kapoor (Vivan Bhatena). Selagi dia menyelidiki kasus tersebut sampai suatu hari dia bertemu dengan PSK cantik bernama Rosie (Kareena Kapoor) yang juga turut membantu dalam penyelidikan tersebut. Disamping dia menyelidiki kasus tersebut Surjan harus menghadapi masalah dengan istrinya, Roshni (Rani Mukerji).

Talaash yang dibuka dengan adegan kecelakan mobil yang nantinya akan menjadi permasalah inti dari film ini. Reema Kagti selaku sutradara yang menulis skrip ceritanya dibantu oleh Zoya Akhtar. Berhasil membuat film dengan plot cerita yang sebenarnya sederhana menjadi sebuah film dengan kepingan puzzle bertebaran terangkai satu demi satu yang dengan cerdas mengelabui penonton dengan twist ending-nya. Sebenarnya dari awal banyak clue-clue dari dialog atau adegan dari film ini yang mungkin akan menjawab ending-nya. Film ini bukan sekedar berbicara tentang kasus kecelakaan tersebut, tapi juga bagaimana Surjan menghadapi masalah disfungsionalnya dengan istri dan mendiang anaknya. Dan perlu diketahui untuk anda yang tidak menyukai dengan cirri khas film India seperti adegan yang tiba-tiba nyanyi-nyanyi gak jelas atau tiba-tiba joget satu kampung. Tenang saja, anda tidak akan menemukannya disini.

Ditambah lagi Talaash dibalut dengan kualitas tata produksinya yang jempolan. Sinematograpi yang indah besutan K.U. Mohanan menggabungkan gambar-gambar sisi gelap kumuh khas India dengan gambar-gambar indah nan gemerlap. Musik arahan Ram Sampath dengan soundtrack dan scor-nya yang ciamik memberikan nuansa thrillernya semakin terasa. Tidak ketinggalan dari departemen akting, Aamir Khan sebagai pemeran utama dengan kumis Pak Radennya itu tidak perlu diragukan lagi berhasil menyuguhkan akting yang sangat bagus. Lalu ada Kareena Kapoor yang berperan sebagai seorang PSK daerah kumuh tentunya berhasil menjadi obat pencuci mata yang ampuh, meski umur yang sudah menginjak kepala tiga tapi paras dan body-nya masih enak dilihat, dia disini berakting dengan gemilang. Ada juga nama Nawazuddin Siddiqui sebagai seorang kriminal berkaki pincang yang bermain sangat total.

Secara keseluruhan Talaash adalah sebuah sajian neo-noir movie dari India yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak perlu menguras otak terlalu berlebih, tidak perlu sok untuk menebak akhirnya, karena sang sutradara nantinya akan memberitahukan jawabannya, yang kita butuhkan hanyalah duduk manis di depan layar dan menikmati setiap detik dari film ini. Cerita yang cerdas, penuh teka-teki, presentasi yang unik, dan twist ending yang mengejutkan. Kurang apalagi?

8/10


No comments:

Post a Comment