Pages

August 25, 2012

Kahaani (2012)


Jujur sebenarnya saya bukan tipikal orang yang menyukai film-film India. Kenapa? Karena film-film India itu banyak sekali menyimpan hal-hal yang tidak logis dan mengganggu saya. Contohnya seperti di beberapa film India yang pernah saya tonton ditengah-tengah adegannya yang tiba-tiba nyanyi-nyanyi gak jelas, tiba-tiba joget satu kampung. Saya pernah berusaha untuk menonton beberapa film India di televisi nasional dan entah kenapa saya tidak pernah menonton filmnya sampai selesai. Dan akhirnya  cuma ada 5 film India yang saya tonton sampai selesai, sisanya tidak. Kelima film itu adalah 3 Idiots, My Name is Khan, Ra One, Taare Zameen Par dan film yang akan saya review kali ini Kahaani. Dan harus saya akui kelima film itu sangat bagus.

Kahaani berkisah tentang seorang wanita yang tengah hamil tua bernama Vidya Bagchi (Vidya Balan) datang ke London, Inggris ke Kalkota, India sendirian. Dia datang ke kota itu dengan tujuan untuk mencari suaminya yang mendadak menghilang saat tengah menjalankan bisnis di Kolkata. Dia dibantu oleh seorang anggota kepolisian setempat bernama Satyaki Rana Sinha (Parambrata Chatterjee) untuk mencari suaminya. Dan disaat usaha pencarian suaminya itu ternyata nihil dan justru dia harus memecahkan misteri-misteri yang ia lalui selama mencari suaminya itu.

Tipikal cerita yang sangat orisinil menurut saya apalagi untuk ukuran film thriller India meskipun sedikit berbau aroma ala Hollywood. Tapi yang pasti anda akan disuruh menebak setiap teka-teki yang dihadirkan dan anda pasti tidak menyangka apa yang terjadi diakhir filmnya. Berterimakasihlah kepada sutradaranya (Sujoy Ghosh) yang sudah membuat jalan cerita sampai twist ending cerdas yang terlihat telah dipikirkan dengan sangat matang. Bagaimana dia bisa mengemas jalan ceritanya secara apik dan rapi. Selama dua jam lebih anda akan dibawa Kahaani mengikuti setiap petualangan Vidya disudut kota Kolkata menebak-nebak apa yang terjadi, dan dorrr!, tebakan anda salah. Keberhasilan twistnya itu pun tidak lepas dari akting si pemeran utamanya yang sangat natural dan meyakinkan, Vidya Balan tampil sangat memukau. Bagaimana dia bisa menjadi seorang wanita yang hamil tua dengan segala gerak-gerik dan ekspresi mukanya yang tampak sangat meyakinkan.

Jika anda tipe orang yang sangat menyukai segala hiruk-pikuk nyanyi-nyanyian dan joget-jogetan ala India atau sepasang kekasih yang menari-nari mengelilingi pohon lalu diiringi rintik hujan? Lupakan itu! Fuck! Anda tidak akan menemukannya disini. Di film ini bahkan nyaris tidak terdengar nyanyian, kalaupun ada musik paling-paling cuma scoring musik untuk latar adegan pada saat adegan akhir film di Festival Durga Puja. Ya meski film ini adalah film thriller tapi film ini juga sedikit menyisipkan unsur romans, drama dan religiusnya, tapi untungnya tidak kelewat batas dan mengganggu thrillernya.

Sekali lagi Bollywood membuktikan bahwa mereka tidak kalah dengan Hollywood dalam hal membuat film. Salah satu thriller terbaik tahun ini. Overall film ini bagus, bagi yang suka sama film India, film ini sangat direkomendasikan. Dan akhirnya bersiap-siaplah untuk terkejut ditipu oleh Sujoy Ghosh dengan twist endingnya. Two thumbs up!

Fuck! Make it four thumbs up!
8/10


2 comments:

  1. setuju banget gw ama review lu bang, apalagi yg paragraf pertama
    hahahaha gokil

    ReplyDelete
  2. Wah saya jadi pingin nonton, dapat dari lk21 kok rating imdb tinggi, jadi cari reviewnya.

    ReplyDelete