March 22, 2013

Beasts of the Southern Wild (2012)

Tahu dengan The Tree of Life-nya Terrence Malick? Ya, sebuah film tentang arti sebuah kehidupan tahun 2011 yang lalu. Kali ini sutradara muda Benh Zeitlin mencoba membuatnya. Tapi film garapannya ini lebih seperti The Tree of Life versi kotornya, ya inilah Beasts of the Southern Wild.

Beasts of the Southern Wild berlatar tempat di sebuah daerah fiktif bernama Bathtub, mengisahkan tentang  gadis cilik bernama Hushpuppy (Quvanzhan√© Wallis) dan ayahnya, Wink (Dwight Henry) yang tinggal disitu. Kehidupan yang awalnya berjalan penuh kebahagiaan. Sampai pada suatu hari sebuah badai besar melanda daerah tersebut. Mereka pun disuruh untuk meninggalkan daerah tersebut. Tapi Hushpuppy, ayahnya, dan beberapa tetangga lainnya bersikeras untuk tidak meninggalkan daerah tercinta mereka.

Naskah cerita yang ditulis Benh Zeitlin dan Lucy Alibar diadaptasi dari karya panggung Juicy and Delicious. Dengan budget yang rendah, aktor-aktris yang tidak terlalu terkenal, lalu sang sutradara muda yang baru pertama kali menggarap film layar lebarnya. Benh Zeitlin dibangku sutradara berhasil menyulap film kecil bernaskah cerdas ini menjadi film yang berhasil menarik perhatian orang banyak. Ya meski tidak terlalu berbicara banyak di ajang Oscar, diantara empat nominasi yang dikantongi (best picture, best director, best actress & best adapted screenplay), tidak satu pun yang mereka bawa pulang. Tapi Beasts of the Southern Wild berhasil berbicara di berbagai festival, termasuk dua ajang festival paling prestisius didunia; Sundance dan Cannes. Saya suka sekali bagaimana Zeitlin dan Alibar membuatnya seperti percampuran antara drama-keluarga, dongeng-fantasi dan disaster movie. Semuanya tercampur menjadi satu kesatuan cerita yang emosional, dengan didukung production design-nya yang oke.

Banyak makna dan pesan yang terkandung di film in, misal tentang arti sebuah loyalitas terhadap tempat tinggal. Budget film ini memang rendah, tapi jika melihat presentasi yang dihadirkan, Beasts of the Southern Wild bisa diadu.  Lihat saja bagaimana eksterior sebuah daerah yang kumuh paska bencana yang terlihat meyakinkan. Lalu cinematograpi arahan Ben Richardson yang cantik, ya setting-setting tempatnya memang kumuh, tapi hebatnya Ben berhasilm menghadirkan gambar-gambar cantik enak dilihat. Dari departemen akting, semua jajaran cast-nya memang notabene belum pernah berakting di layar lebar sebelumnya, tapi bukan berarti kualitas akting yang diberikan buruk. Tentu credit terbesar ditujukan pada pemeran Hushpuppy, Quvenzhan√© Wallis. Seorang anak kecil perempuan yang berusia 5-6 tahun ketika melaksanakan syuting film ini. Aktingnya yang natural berhasil membawa dia msuk nominasi best actress Oscar tahun ini, dan Wallis adalah artis termuda yang pernah dinominasikan sepanjang sejarah Oscar. Lalu ada juga Dwight Henry yang tampil gemilang sebagai sang ayah. Chemistry antara anak dan bapak ini benar-benar kuat terasa.

Secara keseluruhan Beasts of the Southern Wild adalah sebuah film yang menyentuh sekaligus imajinatif dari debut sutradara Benh Zeitlin, apalagi untuk sekelas film low budget seperti ini dibalut dengan segala kesederhanaan penyutradaraannya plus ditambah dengan aspek teknisnya yang jempolan dan didukung para aktor-aktrisnya yang bagai harta karun terpendam.

8/10


2 comments:

  1. Hai, boleh tukeran link ga? :)
    Blog saya khusus membahas film-film Perancis
    Saya sudah simpan link blog kamu di halaman "Movie Bloggers"
    Makasih :)

    http://frenchmovielover.blogspot.com/

    ReplyDelete