Pages

August 14, 2012

Buku Tahunan MAN Model Palangka Raya Angkatan 30


Saya kurang tahu kenapa, buku tahunan/buku kenangan itu seakan-akan menjadi hal yang wajib setelah 3 tahun menempuh masa SMA, dengan alasan hanya untuk kenang-kenangan. Tak terkecuali SMA saya MAN Model Palangka Raya, jujur sebenarnya saya membeli buku ini hanya karena formalitas saja, bukan karena untuk menikmati kenangannya. Saya lebih suka menyimpan kenangan masa SMA itu didalam memori otak saya ketimbang didalam sebuah buku. Meskipun setelah mendapatkan buku ini harus saya katakan saya cukup puas. Oke kali ini saya ingin ngereview buku tahunan SMA pada angkatan saya. Saya bagi dalam 2 bagian yaitu plus dan minus. Cekidot!


MINUS
Saya banyak mendengar keluhan dari beberapa teman-teman juga termasuk saya, tentang ketidakcocokan motto hidup yang mereka tulis dengan apa yang ditampilkan di buku tahunan. Motto hidup yang seharusnya panjang tapi malah diperpendek atau bahkan jauh berbeda. Mungkin karena mereka mau menghemat tempat dan kertas kali ya. Selain keluhan tadi, sebenarnya yang paling membuat saya kecewa adalah tentang editing fotonya yang dibeberapa foto masih ada yang sedikit gelap, khususnya itu kelas saya, ya memang sih pada saat pemotretan kelas saya itu dilakukan saat senja menjelang malam, yah tapi setidaknya si tukang editing bisalah berusaha melakukan pengeditan fotonya itu bisa mengedit pencahayaannya lebih bagus dan cerah lagi, minimal pake photoshop lah.

PLUS
Disamping semua nilai minus diatas, sebenarnya buku tahunan ini juga masih banyak menyimpan nilai plusnya. Yang paling mencolok adalah bahan kertas yang digunakan, kertasnya kuat dan bagus. Elemen-elemen penting di buku tahunan ini pun juga bagus, seperti font, frame, pemilihan warna, penempatan foto yang digunakan semuanya sangat cocok. Oke, saya akan bahas semua elemen-elemen itu. Pertama font, font-font yang digunakan di buku ini sangat futuristik menurut saya, terlebih lagi dibeberapa bagian buku ini menggunakan font-font jenis varsity gitu, saya sangat suka font jenis ini. Kedua frame, frame-frame yang digunakan di buku ini sangat cocok dengan foto didalamnya, sebagai contoh misalnya foto kelas saya yang terlihat seperti foto keluarga lalu dibingkai dengan frame warna emas yang elegan, perpaduan yang sangat cocok. Ketiga pemilihan warnanya, pemilihan warna yang diberikan sangat cocok disetiap halaman, sebagai contoh pada cover bukunya itu, warna yang mendominasi adalah warna hijau, secara hijau adalah warna yang menjadi identitas sekolah saya. Keempat dan terakhir penempatan foto, penempatan foto di buku ini bagus dan tidak terkesan memaksakan.

Ya sekian segitu saja dulu review buku tahunan dari saya. Akhir kata saya ingin berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia buku tahunan MAN Model Palangka Raya Angkatan 30 yang sudah melakukan usaha dan kerja kerasnya dengan sangat-sangat baik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih!

8/10

1 comment:

  1. Gan halamannya udah q follow, follow balik halaman q y :)

    ReplyDelete