February 12, 2014

Dirty Wars (2013)

What happens to us when we finally see what is hidden in plain sight.
– Jeremy Scahill

Dirty Wars mengisahkan tentang seorang jurnalis asal Amerika Serikat bernama Jeremy Scahill yang menginvestigasi satu kasus mengenai terbunuhnya lima warga Afghanistan termasuk dua ibu hamil karena ulah tentara Amerika Serikat dalam sebuah operasi bernama Joint Special Operations Command (JSOC). Tidak hanya mengenai kasus itu saja, Scahill juga turut menginvestigasi kasus lain yang melibatkan militer Amerika Serikat.

Film ini disutradarai oleh Richard Rowley dengan naskah ceritanya ditulis berdasarkan buku berjudul Dirty Wars: The World Is a Battlefield karangan seorang koresponden majalah The Nation bernama Jeremy Scahill yang sekaligus menulis screenplay-nya bersama David Riker. Dirty Wars adalah sebuah film dokumenter yang ceritanya digerakkan oleh Jeremy Scahill sendiri, yang mana dia membawa narasinya, menyelidiki dan mewawancarai sendiri orang-orang yang terlibat dalam kasus ini. Ya, film yang masuk nominasi Oscar tahun ini untuk kategori Best Documentary Feature ini memang tampak begitu berani dan provokatif. Scahill mencoba membuka, menguak, dan mengeksplorasi hal-hal yang tidak diketahui khalayak publik dengan cukup mendalam dan detil yang mana selama ini hanya sebuah rahasia yang ditutup-tutupi.

Mengungkapkan kebenaran yang benar adanya, bagaimana selama ini militer Amerika Serikat melakukan perang kotor seperti yang tertera dijudulnya. Bagaimana mereka yang melakukan terror, membunuh orang-orang tidak bersalah termasuk wanita hamil dan anak kecil. Semua itu dilakukan melainkan hanya sebagai konspirasi politik dan operasi rahasia terselubung yang dibuat oleh petinggi-petinggi negaranya. Terlihat sekali bagaimana kesungguhan dan kegigihan Jeremy Scahill dalam menggali fakta dan data untuk dikumpulkan. Dengan jerih payah menyusuri antar negara krisis seperti Afghanistan, Yaman dan Somalia bahkan hingga harus mempertaruhkan nyawanya yang mana bisa saja setiap saat negara yang dikunjunginya diserang. Scahill merangkum data dan fakta itu dengan mewawancarai sejumlah orang seperti mulai dari keluarga korban, tokoh masyarakat, tokoh politik yang dikombinasikan dengan rekaman amatir pribadi asli, rekaman televisi hingga rekaman inframerah militer. Saya juga suka sinematografi di Dirty Wars bagaimana menangkap gambar-gambar yang indah untuk ukuran sebuah film dokumenter, juga bagaimana banyak menangkap gambar wajah secara close-up.

Secara keseluruhan Dirty Wars adalah sebuah film dokumenter yang bagus. Bagaimana investigasi dari seorang Jeremy Scahill yang begitu gigih dalam mengumpulkan fakta, informasi dan data untuk menguak rahasia dunia militer Amerika Serika dibalik perang kotornya secara detil disepanjang jalan dan sudut-sudut kumuh negara krisis yang dikunjunginya. Ini adalah sajian yang begitu berani dan provokatif dalam 86 menit durasinya.

3/5


1 comment:

  1. berarti film ini mengungkap kebusukan amerika ya?

    ReplyDelete