February 4, 2014

Artifact (2012)

We were backed into a corner. For us, it was all or nothing. Sometimes we must fight in order to be free.  Jared Leto

Film dokumenter ini disutradarai oleh aktor sekaligus vokalis dari grup band rock 30 Seconds to Mars, yakni Jared Leto dengan menggunakan nama samaran Bartholomew Cubbins. Artifact adalah sebuah film dokumenter yang mengisahkan tentang band rock asal Los Angeles, California, Amerika Serikat bernama Thirty Seconds to Mars yang bermasalah dengan label rekaman mereka EMI karena terjerat hutang 30 juta dollar yang entah bagaimana. Permasalahan itu pun diangkat ke perkara hukum dengan beberapa kali melakukan proses negosiasi.

Selain itu Artifact juga yang pada awalnya mengisahkan tentang bagaimana dibalik pembuatan album ketiga mereka Thirty Seconds to Mars yakni This Is War. Yang mana mereka melakukan proses rekaman sendiri menggunakan uang mereka dari hasil sisa keuntungan penjualan album pertama dan kedua mereka. Melakukan proses rekaman sendiri di sebuah rumah milik mereka diproduseri oleh produser bernama Flood. Pemilihan judul album This Is War itu juga menggambarkan bagaimana Jared Leto dan kawan-kawan menabuh genderang perang terhadap label rekaman mereka. Yang akhirnya album ketiga mereka itu pun rilis tahun 2009, dan terjual puluhan juta keping. Hingga sanggup melangsungkan tur konser bertajuk Into the Wild Tour dalam rangka mempromosikan album ketiga mereka itu.

Artifact bertutur dengan memberikan fakta-fakta dari interview sejumlah orang-orang yang berkecimpung di dunia musik, mulai dari manager mereka, pengacara mereka, pengamat musik, hingga rekan-rekan sesama musisi seperti, Amanda Palmer, vokalis Linkin Park – Chester Bennington, vokalis Incubus – Brando Boyd, vokalis System of Down – Serj Tankian. Interview itu tidak hanya berbicara tentang kasus mereka dan musik saja, Artifact juga sedikit berbicara tentang latar belakang ketiga personelnya: Jared Leto, Shannon Leto dan Tomo Miličević. Interview itu pun berpadu dengan fakta dan data dari gambar-gambar berita di televisi, surat kabar, dan media online. Film yang pertama kali premier di Toronto International Film Festival 2012 dan meraih People’s Choice Award for Best Documentary ini juga berpadu dengan video dari proses rekaman album ketiga mereka itu.

Secara keseluruhan Artifact adalah sebuah film dokumenter yang bagus dalam durasi 103 menitnya. Tidak penting anda adalah Echelon (nama penggemar dari Thirty Seconds to Mars) atau bukan, yang jelas film dokumenter ini layak atau bahkan wajib ditonton bagi kalian yang berkecimpung di dunia musik ataupun tidak. Karena Jared Leto lewat dokumenter ini akan memberikan apa yang sebenarnya terjadi dibalik industri musik, mencoba melawan mana yang salah dan menunjukan mana yang benar, itulah yang dilakukan Thirty Seconds to Mars bagaimana dedikasi mereka terhadap musik.

8/10


No comments:

Post a Comment