July 4, 2012

5 Film Mockumentary Horror Terbaik




Oke, buat kamu yang baru keluar dari goa, terus nanyain, “Film Mockumentary itu apa sih?”. Mockumentary adalah singkatan dari mock (pura-pura) dan documentary (dokumenter), jadi film mockumentary adalah film fiksi yang mirip dengan dokumenter. Menggunakan kamera atau handycam sebagai medianya, jadi seakan-akan penontonlah yang menjadi cameramannya.

Mockumentary kadang menggunakan found footage yang realistis, sehingga mungkin membuat penonton bertanya-tanya “Ini cerita nyata gak sih?”. “Apakah film mockumentary selalu horror?” Tidak. Ada film mockumentary yang tidak bergenre horror, seperti Chronicle (sci-fi) dan Project X (komedi).

So, sudah cukup basa-basinya. Kali ini saya ingin membahas tentang 5 Film Mockumentary Horror Terbaik versi Manusia Unta. Check this out!

5. Cloverfield

Cloverfield | 2008 | USA
Jika biasanya film mockumentary horror berkaitan dengan hal-hal supranatural, kali ini Cloverfield mencoba tampil berbeda, yaitu dengan memunculkan sesosok monster yang menyerang kota. Mungkin bisa dibilang film ini adalah penggabungan antara The Blair Witch Project dan Godzilla. Pengambilan gambar yang kadang bergoyang-goyang tidak jelas mungkin membuat sebagian orang merasa migrain, tapi justru itulah yang membuat kita serasa benar-benar berada ada di film ini dan ikut terlibat dalam setiap kejadian-kejadiannya. Setelah saya menonton film ini, munculah sebuah pertanyaan “Darimana datangnya monster ini?” tiba-tiba muncul begitu saja, ga jelas asal-usulnya. Tapi mungkin karena ini adalah film dengan sudut pandang orang pertama, makanya ga dijelasin ya. Intinya film ini keren, bagus dan menegangkan!

4. The Blair Witch Project

The Blair Witch Project | 1999 | USA
Bisa dibilang film ini adalah pionir bagi film mockumentary horror, karena berkat film inilah film-film bergenre mockumentary horror begitu digandrungi dimasa setelahnya. Namun bagaimana bisa sebuah film yang disebut ‘horror’ tapi tidak sama sekali menampilkan sosok hantu atau zombie atau monster atau apalah itu. Kenapa? Karena film ini memang bukan film yang menyuguhkan sosok hantu yang super menyeramkan, tapi film ini menakut-nakuti kita lewat imajinasi. Bayangkan jika kamu tersesat di sebuah hutan berhantu nan angker, gelap dan setiap malam selalu mendengar suara-suara aneh disekitar hutan, bagaimana rasanya? Overall film yang minimalis dan sederhana ini cukup sukses untuk menakuti-nakuti kita.

3. Noroi (The Curse)


Noroi  (The Curse) | 2003 | Japan
Sekali lagi Asia membuktikan bahwa mereka tidak kalah dengan benua sebelah dalam hal membuat film horror. Film dari negeri sakura ini sangat terlihat nyata, dimana bisa menggabungkan rekaman berita dan acara televisi secara pas dan saling berhubungan. Satu yang saya suka dari film ini, yaitu pergerakan kameranya yang tetap terlihat fokus. Berbeda dari kebanyakan film mockumentary yang pernah saya tonton pergerakan kameranya bergoyang-goyang. Alur cerita film ini memang sedikit lambat, tapi dengan misteri dan teka-teki didalamnya, membuat kita tidak akan bosan menontonnya. Akting pemeran di film ini pun sangat natural dan tidak terlalu lebay.

2. Paranormal Activity

Paranormal Activity | 2009 | USA
Mengambil setting tempat yang simple serta sangat akrab dengan penontonnya yaitu sebuah rumah, bukan berarti tidak bisa menampilkan horror yang berkualitas. Memang film ini tidak banyak menghadirkan penampakan, tapi film ini sukses membangun tensi dari awal sampai akhir secara perlahan. Membiarkan nalar dan imajinasi kita membayangkan setiap suara dan benda yang bergerak dengan sendirinya. Gaya pengambilan gambar yang unik membuat seolah-olah film ini nyata sebuah rekaman pribadi milik seseorang. Alur cerita yang dibuat senyata dan se-natural mungkin serta dengan endingnya yang shocking, sukses untuk membuat bulu kuduk berdiri. Pada akhirnya, Paranormal Activity pun sukses menjadi sebuah franchise horror yang paling ditunggu bagi para penikmatnya.

1. [REC]


[REC] | 2007 | Spain
Selama satu jam lebih anda akan disuguhkan ketegangan dan kengerian yang real dari sebuah apartemen gelap. Adegan-adegan yang berlangsung cepat dan tanpa basa-basi, dari opening yang singkat langsung ke titik permasalahan, membuat kita tidak akan bosan selama menonton film ini. Film ini memang bukan film horror yang menampilkan penampakan hantu yang sangat menyeramkan (tapi semacam kaya zombie gitu), namun film ini mampu memberikan efek kejut dan ketakutan hingga terbayang-bayang di otak dalam waktu yang cukup lama setelah menonton film ini. Tegang, penuh kejutan, menyeramkan serta mencekam semua disajikan dalam satu paket di [REC].


*Film Rekomendasi Lainnya: The Troll Hunter, The Last Excorsim, Keramat, Lake Mungo, Paranormal Activity 2, Paranormal Activity 3, [REC]2, Haunted Changi.

1 comment: