July 20, 2012

You Are the Apple of My Eye (2011)


Beberapa bulan yang lalu, Mei 2012 tepatnya. Saat itu, saya ingat sekali disaat stok film barat saya sudah mulai menipis dan sudah mulai bosan melihat akting-akting orang bule. Saat itulah saya mulai mencari film-film Asia, seperti Thailand, Jepang, Korea. Disaat saya browsing tentang rekomendasi film asia, saya melihat sebuah judul film yang menarik hati saya, yaitu You Are the Apple of My Eye, sebuah film dari negeri Taiwan. Saya baca review-nya dan ternyata bagus, tanpa pikir panjang lagi, saya langsung mencari film ini. Dan bisa dibilang film ini adalah film Taiwan pertama yang saya tonton.

Berkisah tentang seorang anak yang pemalas, Ko Ching-Teng (Ko Chen-Tung). Ching-Teng mempunyai empat teman dekat yang semuanya menyukai Shen Chia-Yi (Michelle Chen), perempuan paling cantik dan pintar di kelas. Hanya Ching-Teng lah yang tidak menyukai Chia-Yi. Tapi justru kemalasan dan kebadungan Ching-Teng lah yang membuat Chia-Yi terpikat. Perlahan tapi pasti mereka pun mulai berteman dan berujung pada cinta. Lantas bagaimana hubungan keduanya? Dan bagaimana nasib empat teman Ching-Teng yang juga menyukai Chia-Yi? Silahkan tonton sendiri filmnya.

Film ini adalah sebuah film semi-autobiografi yang diangkat dari kisah nyata remaja Giddens Ko, lalu dijadikannya sebuah novel hingga dia jadikan sebuah film. Sebuah film yang berkisah tentang kehidupan masa SMA klise, persahabatan, menyukai teman sekelas, ujian yang menyebalkan, guru yang galak. Sangat familiar bukan. Film ini bukan film tentang kisah percintaan basi begitu saja. Film ini juga terdapat aroma komedi yang cukup kental terasa. Berbagai macam kebodahan dan kekonyolan masa SMA di film ini, sukses untuk membuat anda tertawa. Seperti adegan masturbasi dikelas dan beberapa adegan-adegan humor ala remaja lainnya. Ada beberapa alasan kenapa saya menyukai film ini, yaitu plot cerita yang sangat realistis dan sangat akrab untuk saya, chemistry yang bagus juga berhasil dijalin dan tidak ketinggalan kecantikan Shen Chia-Yi yang sudah memikat hati saya dari awal. Selain itu film ini juga menjadi salah satu obat bagi saya, jika saya sedang kangen dengan masa SMA.


You Are the Apple of My Eye bukan berarti film tanpa cela. Endingnya yang pahit membuat saya kecewa dan bertanya-tanya, mengapa ini terjadi mengapa itu terjadi. Bagus sih sebenarnya, ending yang adil dan tidak memaksakan ending yang baik untuk semua karakternya. Yah mungkin karena saya terlalu sering menonton film yang endingnya happy, jadi saya sudah terlanjur kecewa dengan endingnya. Walaupun begitu anda tidak akan terlalu peduli dengan endingnya yang pahit, karena nilai positif dari film ini terlalu banyak hingga menutupi kekurangannya. Secara keseluruhan film ini adalah sebuah film yang menyenangkan, menghibur, penuh dengan kenangan nostalgia bagi kalian-kalian yang ingin mengingat kembali indahnya masa SMA dulu. Saya merekomendasikan film ini untuk anda yang ingin mengingat kembali masa indah tersebut.

8/10


6 comments:

  1. sial, gue kira endingnya mereka pacaran lagi
    ternyata Chia-Yi jadi istri orang, ngga rela gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gk rela kalau gue jdi Ko Chen-Tung

      Delete
  2. bener bang endingnya pahit banget... aku tadinya dibilangin kalo ini film humor... tapi kok lama lama yang terahir cinta cintaan... dan ujungnya filmnya NYESEK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro, awalnya memang kocak ni film, tapi akhirnya romantis banget
      Btw thanks udah berkunjung ke blog gw ya

      Delete
    2. bang kira kira ada gak yg kedua film ini haha

      Delete
    3. ending nya kayak film radit dan anjani bikin nyesekkk

      Delete