June 27, 2013

The Place Beyond the Pines (2013)

Derek Cianfrance, sutradara yang terkenal dan sukses lewat romansa indie-nya Blue Valentine 2010 lalu bersama Ryan Gosling. Dan kali ini kembali membawa Ryan dalam film terbarunya, The Place Beyond the Pines.

The Place Beyond the Pines mengisahkan Luke (Ryan Gosling), seorang motorcycle stunt yang meninggalkan istrinya, Romina (Eva Mendes) dan anaknya bernama Jason karena harus mengikuti jadwal pertunjukan. Namun setelah kembali setahun kemudian, Luke mendapati istrinya telah menikah kembali dengan seorang pria lain. Dia merasa masih mempunyai tanggung jawab atas istri dan anak yang ditinggalkannya. Dia pun menemui Robin (Mendelsohn), bekerjasama untuk merampok bank. Sialnya dia malah harus berurusan dengan seorang polisi bernama Avery (Bradley Cooper), urusan tersebut pun semakin luas. Avery mengalami dilema rasa bersalah yang masih berimbas 15 tahun kemudian saat anak dari Luke dan Romina yakni Jason (Dane DeHaan) telah tumbuh dewasa.

Film teranyar dari Derek Cianfrance ini membagi ceritanya menjadi 3 babak yang saling berhubungan satu sama lain. Jalinan cerita yang terjadi karena sebab-akibat dari setiap filmnya. Babak pertama yang dibintangi Ryan Gosling bisa dibilang adalah fondasi dan jembatan untuk film selanjutnya. Babak kedua berfokus pada dilema rasa bersalah Avery terhadap Luke dan juga permasalahan di dunia kepolisian. Babak ketiga berkisar pada cerita pencarian jati diri serta tetek bengek pertemanan anak dari Luke dan Avery. Selain ketiga ceritanya yang mempunyai hubungan satu sama lain, film ini juga memiliki satu tema besar yang sama yakni tentang hubungan antara ayah dan anak.

Masalah jajaran cast-nya. Dibabak pertama yang digawangi Ryan Gosling bisa dibilang adalah daya tarik tersendiri dari film ini, keberadaannya yang masih berpengaruh terhadap jalan cerita di dua cerita selanjutnya. Saya suka aktingnya yang meledak-ledak pada saat robbery scene, namun dia juga mampu tampil emosional ketika hubungan dengan anaknya diangkat. Lalu Eva Mendes dan Ben Mendehlson juga memberikan kapasitas akting yang bagus. Bradley Cooper, aktor yang tengah naik daun ini di babak kedua tampil cukup bagus, tidak banyak yang bisa saya komentari. Dibabak ketiga ada dua aktor muda Dane DeHaan dan Emory Cohen yang memberikan kualitas akting yang tidak bisa dibilang mengecewakan, mereka bagus.

Secara keseluruhan The Place Beyond the Pines adalah sebuah sajian drama berbau crime dari seorang Derek Cianfrance yang bagus dalam durasi 2 jam lebihnya. Konsep yang membagi ceritanya menjadi 3 babak yang saling berhubungan satu sama lain. Dengan cerita pertamanya sebagai fondasi yang jempolan serta kesemua ceritanya yang mampu menghantarkan jalinan cerita emosional yang kuat. Mempunyai kualitas akting yang mempuni dari para aktor-aktrisnya.

8/10


No comments:

Post a Comment