June 29, 2013

Secret (2007)

Jay Chou, pemuda asal Taiwan yang dikenal sebagai penyanyi ini memulai filmographynya lewat Initial D tahun 2005 hingga merambah ke Hollywood lewat The Green Hornet bersama Seth Rogen dua tahun lalu. Bahkan sebelumnya dia merangkap tiga tugas sekaligus sebagai aktor, penulis cerita dan sutradara di film Secret.

Secret mengisahkan tentang Xianglun (Jay Chou) seorang siswa sekolah music yang pada suatu hari bertemu dengan seorang wanita bernama Xiaoyu (Kwai Lun Mei). Dia melihat wanita tersebut memainkan sebuah lagu dengan piano. Xianglun pun tertarik dengan lagu itu dan dia bertanya kepada Xiaoyu. Tapi Xiaoyu tidak mau memberitahu lagi apa itu. Mereka lama-kelamaan semakin dekat dan akhirnya pacaran. Sampai pada suatu hari Xiaoyu mendapati Xianglun tengah berciuman dengan Qing Yi (Alice Tzeng), teman mereka yang juga suka dengan Xianglun. Xiaoyu pun sejak kejadian itu menghilang.

Film ini ditulis dan disutradarai sendiri oleh sang pemeran utamanya, Jay Chou. Saya suka sekali konsep ceritanya yang menggabungkan kisah drama-romantis remaja dengan tema (spoiler!) time travel. Kisah yang dihadirkan sebenarnya sederhana dan familiar. Tidak terlalu dipenuhi intrik. Namun tetap mampu tampil romantis dan cukup menyentuh. Berjalan dengan ritme penceritaan yang tepat, memberikan banyak ruang untuk mengenal si karakter utama. Secret mempunyai banyak twist, apalagi twist inti di pertengahan filmnya yang mengejutkan. Secret juga diselipi bumbu komedi yang cukup menghibur. Ending film ini juga dipertemukan pada sebuah ambiguitas antara happy or sad ending.

Secret memang tampil unggul dalam ceritanya. Namun, keunggulan utama film ini juga tidak dapat lepas dari aspek teknisnya. Chemistry Jay Chou dan Kwai Lun Mei terjalin kuat, akting mereka yang cukup berhasil menghidupkan karakter yang mereka perankan. Jangan lupakan juga kehadiran Anthony Wong, yang semakin memperkuat komposisi akting film ini. Lalu scoring-music di film ini mampu mengisi musiknya dengan balutan emosi tanpa pernah terkesan terlalu melankolis ataupun berlebihan. Saya juga suka sekali permainan piano di film ini, mulai dari duel piano, main pakai 1 tangan hingga 4 tangan, semuanya keren. Dan hampir semua musik yang ada di film ini adalah musik klasik. Lalu film ini juga sarat dengan special efek, untuk sebuah film Taiwan saya rasa special efeknya bagus. Sinematografi untuk film ini juga bagus, gambar-gambar yang diambil dengan cantik dan indah.

Berhasil meraih 3 dari 6 nominasi di 44th Golden Horse Awards yakni Best Visual Effects, Best Original Song, dan Outstanding Taiwanese Film of the Year serta satu nominasi Best Asian Film di 27th Hongkong Awards. Secara keseluruhan Secret adalah sebuah sajian drama-romantis yang manis dari debut penyutradaraan Jay Chou. Cerita yang sederhana dengan twist di pertengahan filmnya yang mengejutkan, tata produksinya yang jempolan, musiknya yang memanjakan telinga. Secret adalah sebuah drama yang akan begitu mudah untuk dicintai setiap penggemar genre romantis.

8/10


No comments:

Post a Comment