June 10, 2013

War Photographer (2001)

James Nachtwey, seorang fotojurnalis berkebangsaan Amerika Serikat yang telah mengabdikan sebagian hidupnya untuk dunia fotografi. Dia juga terkenal sebagai seorang war photographer, yakni seorang wartawan foto yang sering mengabadikan momen dalam perang. Hingga akhirnya pada tahun 2001, sebuah film dokumenter tentang dirinya sendiri dibuat, War Photographer.

War Photographer adalah sebuah film dokumenter yang menampilkan perjalanan karir seorang James Natchtwey dalam dunia fotografi. Membahas ruang lingkup yang lebih luas gagasan umum untuk semua yang termasuk dalam jurnalisme perang, seperti isu-isu, dampak, atau akibat perang diberbagai daerah di dunia.

Film dokumenter yang disutradarai oleh Christian Frei ini pernah dinominasikan di 40 penghargaan, seperti nominasi di Oscar tahun 2002 dan Emmy Award 2004, bahkan film ini juga memenangkan Peabody Award 2003. Film dokumenter ini mengambil beberapa gambar tempat di dunia seperti pasca-perang di Kosovo, kemiskinan dan kerusuhan di Indonesia, juga tambang belerang di kawah Ijen Jawa Timur, hingga sampai kedataran Timur Tengah dan Afrika. Selain itu juga terdapat beberapa interview dengan para ahli dan teman dekat James Nachtwey. Film ini menggunakan cuplikan yang difilmkan dengan microcam atau kamera kecil video yang terpasang pada kamera SLR-nya James Nacthwey. Teknik seperti ini memberikan kedekatan kepada penonton, seolah-olah kita melihat secara langsung apa yang juga James Natchwey lihat.

Terlihat sekali totalitas dari seorang James Natchtwey dalam dunia fotografi. Berani mengambil gambar-gambar begitu dekat yang sebenarnya bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri. Dan kebanyakan adalah yang bernada kesedihan mulai dari yang memilukan hingga yang mencekam. Ditambah lagi dibeberapa bagian juga ada yang diiring dengan musik, yang membuat perasaan penonton semakin merasakannya, miris atau mengernyitkan dahi. Menghasilkan foto-foto yang mungkin tidak bisa diambil oleh fotografer lain. Setiap jepretan foto yang didapatnya seolah hidup memiliki nyawa.

Secara keseluruhan War Photographer adalah sebuah film dokumenter yang sangat bagus. Mampu mengeksplorasi lebih dalam mengenai sisi kehidupan dari sudut pandang dunia jurnalistik dan menjadikannya sebuah dokumenter satir sosial dengan nilai moral yang besar terhampar rapi dalam durasi 96 menitnya.

8/10


No comments:

Post a Comment