August 14, 2013

Bridge to Terabithia (2007)

Mungkin namanya tidak segaung film adaptasi novel lain macam Harry Potter. Tapi jelas film yang akan saya review kali ini satu dari sekian banyak film adaptasi novel yang berkualitas bagus, Bridge to Terabithia.

Bridge to Terabithia mengisahkan tentang Jess Aaron (Josh Hutcherson) seorang anak miskin yang sering diganggu temannya dan suatu hari ada murid baru masuk ke sekolah yang sama, seorang wanita bernama Leslie Burke (AnnaSophia Robb) yang juga kurang bisa memiliki teman. Mereka berdua pun akhirnya berteman dan pergi ke sebuah hutan. Disitu mereka berimajinasi membuat sebuah kerajaan yakni Terabithia. Mereka menjaga kerajaan tersebut dari ancaman musuh berbahaya.

Naskah cerita yang ditulis oleh Jeff Stockwell dan David Paterson yang mengadaptasi dari novel pemenang Newberry Award karya Katherine Paterson berjudul sama keluaran tahun 1977. Mencoba menghadirkan sebuah kisah persahabatan menggabungkannya dangan nada fantasi dan imajinasi. Menyajikan alur cerita yang berjalan dengan tempo santai dan mudah diikuti namun perlahan tapi pasti berhasil meraih seluruh perhatian penonton turut ikut berimajinasi sekaligus sedikit melupakan beberapa kekurangan yang ada. Ada juga selipan komedinya yang singkat tapi nendang. Lalu juga punya bagian-bagian yang bermakna dan menyentuh, apalagi bagian menjelang ending-nya yang begitu emosional dimana ketika itu terjadi insiden memilukan. Selain itu film ini juga mengangkat isu seperti bully.

Tatanan efek visual di film ini bagus, berhasil menggambarkan gambaran sebuah kerajaan Terabithia. Selain itu Bridge to Terabithia juga diisi dengan score dan music yang bagus, tata musik arahan Aaron Zigman berhasil membentuk energi fantasi yang menyelimuti presentasi keseluruhan film ini. Dari departemen akting, dua pemeran utama Josh Hutcherson dan AnnaSophia Robb mereka tampil bagus sebagai dua orang sahabat yang asyik berimajinasi. Dua-duanya berhasil menghidupkan karakter dan chemistry mereka berdua juga terjalin kuat. Lalu ada Zooey Deschanel yang meskipun tampil dengan porsi yang minimalis sebagai seorang guru, dia jelas memberikan penampilan yang ciamik, selain itu dia juga turut menyumbangkan suaranya dengan tiga lagu di film ini. Terus ada juga Bailee Madison memerankan adiknya Jess, tampil mencuri perhatian dengan suaranya yang menggemaskan dan wajah yang imut-imut. Serta jajaran cast lain yang juga berhasil memerankan peran mereka masing-masing dengan cukup bagus macam Robert Patrick, Kate Butler, Cameron Wakefield, dan Lauren Clinton.

Secara keseluruhan Bridge to Terabithia adalah sebuah film fantasi adaptas novel yang bagus dengan alur penceritaan yang pas serta diisi deretan pemeran yang tampil begitu memikat dalam durasi saru setengah jamnya. Gabor Csupo, sang sutradara sukses membawa penontonnya seperti ikut masuk ke dalam dunia imajinasinya Jess dan Leslie yang begitu menyenangkan. Bukan sekedar film anak-anak, film ini jelas juga layak disantap para remaja dewasa.

7.5/10


4 comments:

  1. saya rasa film ini jauh lebih baik dari pada film harry potter yg lebay dan tdk masuk akal.. apa lagi narnia..

    ReplyDelete