September 10, 2013

Disconnect (2012)

Disconnect, film yang pertama kali diputar di Toronto Film Festival tahun lalu ini mencoba menghadirkan tiga cerita dengan benang merah sama mengenai  sisi gelap dari teknologi bernama internet.

Cerita pertama, mengisahkan tentang seorang Kyle (Max Thieriot), seorang pria yang bekerja sebagai model di sebuah situs sex chat dewasa. Suatu hari dia melakukan chat dengan seorang reporter televisi wanita bernama Nina (Andrea Riseborough), yang ternyata perkenalannya dengan wanita tersebut membuatnya terjerumus dalam sebuah masalah yang rumit. Lalu cerita kedua, mengisahkan tentang sepasang suami istri (Alexander Skarsgård & Paula Patton) yang harus kehilangan banyak uang mereka karena dicuri melalui internet. Dan cerita ketiga, mengisahkan tentang seorang ayah (Jason Bateman) yang harus menghadapai anaknya, Ben (Jonah Bobo), yang menjadi korban cyber-bully dari kedua temannya hanya karena bermain Facebook.

Film yang disutradarai oleh Henry Alex Rubin dengan naskah cerita ditulis Andrew Stern ini memang tampil unggul berkat latar belakang ceritanya mengenai internet, yang notabene sesuatu yang sudah sangat dekat sekali dengan para penontonnya. Internet yang seharusnya memberikan manfaat malah menjadi sesuatu yang merugikan bahkan berakhir tragis. Dengan karakter-karakter yang begitu nyata, dan dengan masalah-masalah yang cukup familiar. Disconnect memulai start-nya dengan bagus, membangun fondasi cukup kokoh dari awal, ya walaupun menjelang akhir agak sedikit goyah. Dan dari tiga cerita yang ada, saya rasa cerita nomor dua adalah yang terlemah. Cerita kedua saya rasa kurang mampu tampil menarik dan tampak terlalu bertele-tele, bahkan membutuhkan beberapa saat untuk dapat benar-benar mengerti kisahnya.

Sedangkan dua cerita lain tampil sama kuatnya. Tapi bagi saya cerita yang paling menarik adalah cerita ketiga, ya karena objek masalah yang terjadi disitu yang paling dekat dengan saya, yakni Facebook. Dan mengenai pesan moral, saya rasa Disconnect berhasil menyampaikannya. Menampilkan hitam putih mengenai internet. Tanpa harus berpihak mana yang benar, mana yang salah antara manusia dan teknologi. Lalu dari segi teknis, Disconnect yang disajikan dengan gaya interwoven adalah pilihan yang sangat bagus karena efektif dalam menuturkan ceritanya. Setiap segmennya yang bergantian secara dinamis, walau ada juga yang terasa kasar. Dari departemen akting, dimulai dari Jason Bateman dan Frank Grillo, bermain bagus sebagai seorang ayah yang memiliki masalah dengan anak mereka masing-masing. Lalu nama lain macam Andrea Riseborough, Max Therrior, Alexander Skarsgård dan Paula Patton juga bermain dengan bagus memerankan peran mereka. Dan termasuk para aktor-aktor cilik seperti Jonah Bobo, Aviad Bernstein dan Colin Ford yang tampil emosional disini.

Secara keseluruhan Disconnect adalah sebuah drama-thriller yang bagus, dengan tema cyber-crime yang mampu mengeksplorasi lebih dalam mengenai sisi kehidupan manusia dengan internet dan menjadikannya sebuah film omnibus dengan satir sosial yang tajam dengan nilai moralnya yang begitu kental. Semuanya berpadu serasi ditambah dengan dukungan para crew-nya, dan tentunya para cast-nya yang disini bermain cemerlang sama rata dalam durasi 115 menit mereka.

8/10


No comments:

Post a Comment