September 3, 2013

The Conjuring (2013)

James Wan, sutradara kelahiran Malaysia yang muncul sebagai sutradara yang terkenal lewat film horror berkualitasnya. Mulai dari Saw yang cerdas itu, hingga Insidious yang menyeramkan. Dan sekarang Wan hadir menakuti anda lewat The Conjuring.

The Conjuring mengisahkan tentang sepasang suami istri, Andrea (Ron Livingston) dan Carolyn (Lili Taylor), bersama kelima putri mereka yang baru saja pindah ke sebuah rumah tua. Sesampainya dirumah itu, mereka langsung mengalamai berbagai kejadian misterius dan merasa bahwa rumah itu berhantu serta mungkin saja mengancam nyawa mereka. Mereka pun memanggil sepasang suami istri paranormal, Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine (Vera Farmiga) untuk menyelidikinya.

Ya, formula usang rumah berhantu memang sudah banyak disajikan diratusan film horror lain. Tapi lihat siapa orang dibalik The Conjuring ini, James Wan, nama yang sudah tidak perlu diragukan lagi kapasitasnya di belantika film horror modern. Menggaet The Hayes Bros; Chad Hayes dan Carey Hayes sebagai penulis naskahnya. The Conjuring diangkat berdasarkan kisah nyata dari kasus yang diselidiki suami istri paranormal itu. Seperti biasa, memulainya dengan perkenalan para karakternya, lalu sedikit demi sedikit muncul keanehan, dan bang!!! Alur cerita yang berjalan santai bergerak dalam kisah haunted house hingga akhirnya pada klimaks akhir dengan masuknya unsur exorcism yang begitu menegangkan. Ritme dan atmosfer horror yang terjaga dari awal sampai akhir.

Bicara soal film horror, jelas akan membicarakan seberapa menakutkankah yang dirasakan saat menontonnya. Dan saya rasa The Conjuring berhasil dalam hal itu. James Wan berhasil membuat saya merasakan takut, gugup dan terkejut. Tiap shocking moment yang dihadirkan sanggup membuat jantung berdetak cepat, ya walaupun beberapa efek kejut sudah ada yang bisa diprediksi kehaadirannya, namun tetap saja mengagetkan. Dan tentunya tanpa bantuan para crew dan cast-nya, The Conjuring tidak akan bisa tampil semenyeramkan ini. Mulai dari sinematografi arahan John R. Leonetti yang hadir dengan gambar-gambar apik bernuansa creepy dan pergerakan kamera yang dinamis serta “cantik”. Scoring-music arahan Joseph Bishara juga ciamik, hadir dengan score yang mampu mengawal aura menyeramkannya dengan bagus dan mampu menambah dosis efek kejutnya meningkat. Sedangkan dari departemen akting rata-rata bermain bagus. Tapi yang patut diacungi jempol saya rasa adalah Lili Taylor, puncaknya ketika exorcise scene di penghujung film yang begitu meyakinkan. Serta para aktris cilik yang hadir juga bermain sama bagusnya dengan para senior-seniornya.

Secara keseluruhan The Conjuring adalah sebuah film horror yang sangat bagus, walaupun hadir dengan formula basi rumah berhantu. Namun dari tangan dingin seorang James Wan, dia mampu mengubah formula klise tersebut menjadi sebuah presentasi horror yang begitu menyeramkan, menakutkan serta menegangkan. Apalagi di dukung oleh aspek teknisnya yang cemerlang, semakin menambah intensitas kengerian yang disajikan. So, terlalu cepatkah untuk menobatkan The Conjuring sebagai film horror terbaik tahun ini?

8/10


No comments:

Post a Comment