October 23, 2013

Captain Phillips (2013)

The navy is not gonna let you win! They would rather sink this boat, then let you win.” – Captain Phillips

Captain Phillips mengisahkan tentang Kapten Richard Phillips (Tom Hanks), seorang yang harus meninggalkan istri dan anaknya untuk memimpin awak kapal kargonya demi melaksanakan tugas. Suatu ketika kapal mereka dibajak oleh sekelompok perompak bersenjata dari Somalia yang dipimpin oleh Muse (Barkhad Abdi), lalu mereka menyandera sang kapten dengan niatan untuk ditukar dengan uang. Lantas, apakah Kapten Phillips bisa lepas dari penyanderaan itu dengan selamat? Atau sebaliknya?

Disutradarai oleh Paul Greengrass dan naskah cerita ditulis oleh Billy Ray dengan mengangkat ceritanya dari memoir-nya Captain Phillips yang asli, A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALS, and Dangerous Days at Sea. Ya, film ini diangkat dari peristiwa nyata pada April 2009 lalu. Well, jika melihat track record sang sutradara yang sudah pernah membuat action-thriller bagus, sebut saja United 93, 2 seri Bourne, dan Green Zone. Di film terbarunya ini, Greengrass kembali hadir untuk mengaduk-aduk adrenalin dan emosi penontonnya lewat Captain Phillips, tanpa ada unsur dramatisasi yang kelewat lebay. Terlepas dari opening-nya yang hanya memperkenalkan sosok Kapten Phillips, setelah itu film ini berjalan dengan tensi yang cepat sampai akhir, memicu adrenalin, seakan tidak memberikan nafas untuk para penontonnya. Mengusung juga tema kekeluargaan dalam dosis kecil.

Membawa setting tempatnya ke tengah laut lepas Mediterania. Kembali membawa serta ciri khasnya, yakni pengambilan gambar dengan kamera handheld yang mengakibatkan shaky, ini justru membuatnya terlihat realistis, sedikit beraroma dokementer, dan dengan Barry Ackroyd sebagai sinematografernya. Dan tensinya pun semakin menegangkan ketika andil dari seorang Henry Jackman membuat sederetan scoring-music yang menambah sensasi ketegangannya. Dari divisi akting, Tom Hanks memerankan sosok Kapten Phillips dengan sangat bagus. Kemampuan aktingnya benar-benar diasah disini, disetiap adegannya membuat kita merasa bersimpati, terlebih ketika klimaks akhirnya. Dan yang paling menarik justru debut dari seorang Barkhad Abdi serta ketiga temannya, begitu baik mampu menampilkan kharisma sesosok penjahat.

Secara keseluruhan Captain Phillips adalah sebuah action-thriller dengan tema pembajakan yang bagus. Bagiamana seorang Paul Greengrass membuat reka ulang peristiwa nyata kelam itu. Sebuah biopik yang begitu menegangkan dan intens. Bersama dengan trademark shaky-cam-nya, plus akting luar biasa, serta scoring yang elegan, selama dua jam lebih bersiaplah untuk melihat salah satu film paling menegangkan tahun ini. Dan Captain Phillips adalah jenis film yang semakin kita tidak tahu-menahu tentang ceritanya, maka semakin besar kepuasan yang didapat dalam menontonnya.

8.5/10


No comments:

Post a Comment