October 7, 2013

Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction mengisahkan tentang dua orang pembunuh bayaran; Vincent Vega (John Travolta) dan Jules Winnifield (Samuel L. Jackson) yang bekerja untuk Marsellus Wallace (Ving Rhames). Disisi lain, Vincent juga punya tugas lain untuk melindungi istri Marsellus, Mia (Uma Thurman). Disisi lain lagi, Marsellus tengah mencari seorang petinju bernama Butch (Bruce Willis), yang telah membunuh salah satu orangnya.

Film ini adalah karya kedua dari Quentin Tarantino setelah Reservoir Dogs (1992) yang mendapat respon positif itu. Di karyanya yang kedua ini dia juga kembali menuai banyak pujian. Masuk 6 nominasi Oscar tahun 1995 termasuk Best Picture dan Best Director. Namun hanya satu piala yang mereka bawa pulang yakni Best Original Screenplay. Dan 3 nominasi lain ada pada kategori akting. Selain itu juga film ini mendapat Palme d’Or di Cannes Film Festival. Tidak hanya suskes dari segi kritikal, tapi juga dari segi pendapatan. Dengan budget hanya sekitar $8,5 juta, Pulp Fiction berhasil meraup pendapatan diseluruh dunia $200 juta.

Naskah ceritanya ditulis sendiri oleh Quentin Tarantino bersama Roger Avary. Pulp Fiction berjalan secara non-linear, yang mungkin akan membuat bingung bagi beberapa orang. Seperti yang pernah kita lihat di karya Tarantino lain, film-filmnya itu anti-mainstream, tidak konvensional, dan mengusung semagat indie. Penuh dengan dialog-dialog ekletik yang nyeleneh bernada kasar, menggabungkan antara kekerasan dan humor, serta menyindir budaya pop. Dalam durasi 154 menitnya, Pulp Fiction punya banyak karakter dan momen-momen yang memorable bahkan mengejutkan. Sebut saja, adegan menari, adegan perampokan, ah masih banyak lagi. Apalagi scene-scene yang melibatkan duo Vincent-Jules.

Dari segi teknis, Pulp Fiction juga tetap masih punya Tarantino’s style. Lihat saja bagaimana editing arahan Sally Menke, mengedit filmnya dengan gaya non-linear tanpa harus terlalu membingungkan penontonnya. Sinematografi ciamik arahan Andrzej Sekula. Lalu musik-musik yang menyenangkan. Dari departemen akting, bagus di semua lini, bahkan sampai ke peran-peran kecil sekalipun. Bahkan tiga diantaranya masuk nominasi Oscar; John Travolta untuk Best Actor, Samuel Jackson untuk Best Supporting Actor, dan Uma Thurman untuk Best Supporting Actress. Juga nama-nama lain yang katanya rela dibayar kecil di film ini, sebut saja, Bruce Willis, Harvey Keitel, Tim Roth, Amanda Plummer, Maria de Medeiros, dan Ving Rhames. Bahkan sang sutradara juga ikut berakting disini.

Secara keseluruhan Pulp Fiction adalah sebuah film drama-crime yang sangat-sangat bagus dari seorang sutradara brilian, Quentin Tarantino. Dengan jalan cerita melompat-lompatnya, dialog-dialog nggak nyambung tapi cerdas, black comedy-nya, aspek teknis yang ciamik dan divisi akting yang luar biasa. Ah wajar saja jika film ini banyak dimasukkan orang-orang di film-film terbaik sepanjang masa mereka.

9.5/10


No comments:

Post a Comment