December 12, 2013

Aningaaq (2013)

Masih ingat dengan Gravity? Salah satu film yang paling banyak dibicarakan orang tahun ini. Sebuah film sci-fi dari Alfonso Cuarón tentang dua astronot yang terjebak di luar angkasa. Well, bagi yang sudah menonton Gravity, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Aningaaq.

Ada satu adegan yang mana Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) berusaha terhubung ke bumi melalui radio satelit agar terhubung dengan NASA. Namun Ryan justru terhubung dengan seorang pria asal Greenland bernama Aningaaq. Nah, adegan tersebut coba divisualisasikan lewat sudut pandang berbeda. Yakni dari point of view-nya Aningaaq di bumi. Aningaaq (Otto Ignatius) adalah seorang pelaut Inuit yang tengah berkemah diatas es dengan setting tempat yang diselimuti salju tebal. Mereka berdua melakukan percakapan meski dengan bahasa yang saling berbeda.

Film pendek ini disutradarai dan naskahnya ditulis oleh anak dari Alfonso Cuarón sendiri – penulis naskah Gravity, yakni Jonas Cuarón. Dalam durasi 7 menitnya, mungkin Aningaaq terlihat biasa saja jika dilihat sebagai sebuah karya stand alone. Namun sebagai sebuah spin-off atau companion dari Gravity, ini terasa spesial. Dan katanya sih Aningaaq telah didaftarkan ke ajang Oscar tahun depan untuk Best Short Action. Good luck, Aningaaq!

7/10

No comments:

Post a Comment