December 30, 2013

The Hunt (2012)

“The world is full of evil but if we hold on to each other, it goes away.” Theo

The Hunt mengisahkan tentang Lucas (Mads Mikkelsen), pria yang telah bercerai dengan istrinya ini berprofesi sebagai guru taman kanak-kanak. Sosok yang sangat hangat dan bersahabat terhadap anak kecil. Dan dia sangat dekat dengan Klara (Annika Wedderkopp), anak kecil perempuan dari sahabatnya, Theo (Thomas Bo Larsen). Suatu hari Klara mengatakan bahwa ia telah mengalami pelecehan seksual dari Lucas, semua orang percaya dengan perkataan Klara karena mereka menganggap anak kecil tidak mungkin berbohong. Namun Lucas menampik pernyataan tersebut dan tidak ada bukti yang kuat atas perbuaatannya itu. Namun nihil, sialnya Lucas dipecat dari tempat dia bekerja dan dikucilkan didaerahnya.

Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Nampaknya pepatah tersebut memang benar. Film yang berjudul Denmark Jagten yang disutradarai Thomas Vinterberg ini berhasil menggambarkan bagaimana perasaan difitnah itu dengan sangat baik. Vinterberg berhasil mengaduk emosi penontonnya bagaimana rasanya dituduh melakukan sesuatu yang sama sekali kita tidak lakukan lewat naskah ceritanya yang dia tulis bersama Tobias Lindholm. Lewat penceritaannya yang sabar perlahan tapi pasti, disini mereka berhasil membuat penontonnya ikut terlibat dan bersimpati terhadap permasalahan yang dialami Lucas. Saya merasa seperti sayalah yang menjadi Lucas, saya merasa seperti saya yang difitnah di film ini. Film ini berhasil mengikat saya secara emosional, saya jadi ikut marah, sedih, bahkan menangis. Itulah keunggulan dari film ini, bagaimana membuat penontonnya terngian-ngiang dipikiran dengan pertanyaan: bagaimana dan apa yang akan kita lakukan jika kita yang menjadi Lucas?

Ini tidak hanya tentang bagaimana sakit dan pedihnya fitnah itu. The Hunt juga dengan bagus menggambarkan bagaimana sebenarnya jangan terus berpikir bahwa anak kecil itu polos dan tidak mungkin berbohong. Dan juga bagaimana sebenarnya jangan menghakimi seseorang tanpa adanya bukti yang jelas. Yang akibatnya seperti judulnya, Lucas menjadi buruan seluruh warga kota bahkan sampai akhir filmnya yang terasa menggantung itu. Namun akhir yang seperti itulah yang terbagus, bagaimana membuat penontonnya memikirkan persepsi mereka masing-masing. Tentu salah satu kunci utama film ini adalah pemeranan tokohnya. Mads Mikkelsen dengan sangat bagus memerankan karakter yang hangat dan sederhana namun memiliki kepahitan di lubuk hatinya, dan dia bersikap begitu tegar dan sabar. Dari setiap dialog, gestur dan ekspresi yang ia berikan begitu meyakinkan. Klimaksnya adalah saat adegan di misa natal yang begitu emosional, wajar saja jika dia mendapat Best Actor Award di Cannes Film Festival tahun lalu. Begitu juga si gadis kecil lucu nan imut, Annika Wedderkopp dengan aktingnya yang natural seakan menjadi senjata mematikan dari setiap ucapannya. Nama lain yang juga bermain bagus, Lasse Fogelstrøm dan Thomas Bo Larsen.

Secara keseluruhan The Hunt (Jagten) adalah sebuah film drama yang sangat bagus. Bagaimana lewat premis dari film yang mewakili Denmark di ajang Best Foreign Language Film tahun depannya yang sederhana itu berhasil memberikan gambaran rasa kesakitan dan kepedihan yang begitu mendalam dikarenakan fitnah. Dalam durasi 115 menitnya kita akan dibawa ikut merasakan kesakitan itu bersama dengan akting superb dari Mads Mikkelsen.

Sudah lama saya tidak menjumpai film yang bisa membuat saya kesal marah sendiri dan menitikkan air mata karena bersimpati terhadap Lucas.

10/10


No comments:

Post a Comment