January 29, 2016

Brooklyn (2015)


Well Brooklyn mengisahkan tentang Eilis Lacey (Saoirse Ronan) seorang gadis asal Irlandia yang mencoba merantau ke Amerika Serikat menetap di Brooklyn. Dengan harapan mendapatkan pengalaman dan pekerjaan baru baginya. Eilis kemudian bertemu dengan Tony Fierrelo (Emory Cohen) pria Italia yang pada akhirnya berhasil memikat hatinya. Kemudian suatu hari ada hal yang mengharuskan ia kembali ke Irlandia. Disinilah mulai gejolak dilema bagi Eilis.

Screenplaynya ditulis oleh Nick Hornby yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Colm Toibin. Episentrum cerita terletak pada kehidupan Eilis yang berkutat pada kisah cinta, keluarga, impian, dan pekerjaannya. Brooklyn menarasikan rasa homesick dengan baik, walau biasanya homesick mengacu pada rasa rindu kampung halaman. Bagi kalian yang pernah hidup merantau pasti pernah merasakan ini. Namun sebenarnya homesick pun bisa mengacu pada sebaliknya yakni rindu tanah perantauannya, seperti pada Brooklyn sampaikan. Eilis dihadapkan pada pilihan-pilihan, lantas mana “home” yang sebenarnya bagi Eilis.

Pun tidak hanya itu, pilihan-pilihan terkait pekerjaan dan jalinan cintanya yang mengharuskannya mengambil keputusan yang walau sulit. Terlebih Eilis terlibat cinta segi tiga antara dua benua, dihadapkan pada long distance relationship. Tidak ada yang benar atau salah di kehidupannya, bak seperti dua mata sisi koin, memutuskan dengan tepat. Rasa galau, bimbang, dan dilema yang dirasakan Eilis inilah yang coba dieksplor John Crowley selaku sutradara di durasi 112 menitnya yang berjalan dalam tempo yang pas dalam setiap transisi ceritanya yang begitu halus. Tuturan ceritanya itu dikendalikan dengan stabil dan apik oleh Saoirse Ronan yang begitu menawan didukung oleh Emory Cohen dan Domhnall Gleeson. 4/5


No comments:

Post a Comment