January 31, 2016

Straight Outta Compton (2015)


Straight Outta Compton mengisahkan tentang grup rap bernama Niggaz Wit Attitude (NWA) beranggotakan lima sekawan Dre (Corey Hawkins), Ice Cube (O’Shea Jackson Jr), Eazy-E (Jason Mitchell), DJ Yella (Neil Brown Jr), dan MC Ren (Aldis Hodge) yang mencoba membuat hentakan dalam dunia music hiphop dibantu manajer mereka Jerry Heller (Paul Giamatti), namun seperti halnya dalam industri musik pasti ada fase di mana naik-turunnya sebuah grup.

Film arahan F. Gary Gray ini memang begitu hits sekali tahun 2015, berhasil menyita perhatian penontonnya. Well, kalian pasti kenal dengan rapper terkenal macam Tupac Shakur, Snoop Dogg, dan Eminem. Mereka muncul dari hasil tangan Dr. Dre, yang kisahnya akan kita lihat di Straight Outta Compton, walau bukan tentang kisahnya sepenuhnya. Secara garis besar film ini memang mengisahkan tentang grup rap NWA dengan segala pasang surutnya, namun yang menjadi sentralnya berkutat pada lingkaran tiga karakternya; Ice Cube, Eazy-E, dan Dre. F. Gary Gray dan screenwriternya Jonathan Herman dan Andrea Berloff seperti ingin membagi porsi rata kepada ketiganya dengan saling mendukung cerita, dan memberikan spot untuk mereka menghantarkan ledakan emosional masing-masing. Tiga trionya; Corey Hawkins, Jason Mitchell, dan O'Shea Jackson Jr gw kira yang memerankan Ice Cube itu dia sendiri, eh taunya anaknya sendiri mereka tampil apik dalam setiap part mereka, layak dapat perhatian lebih.

Dihiasi dengan bahasa dan adegan yang sudah pasti akan dipenuhi dengan kevulgaran mengingat ini adalah biopik mereka. Bagaimana mereka NWA benar-benar memulainya dari underground hingga dikenal sebagai the world’s most dangerous group. Begitu bersimpatik dengan mereka bagaimana memulainya dari nol hingga menjadi superstar. Straight Outta Compton juga menyindir tindakan rasisme polisi yang begitu pelik, seperti dalam bait lagu Fuck the Police mereka; “they have the authority to kill a minority”. Tidak sempurna jika film biopik musisi tidak menjejalkannya dengan lagu-lagunya, hentakan beat dan lirik jujur dari musik hiphop NWA yang begitu menghentak tak ragu untuk ikut menggoyankan kepala ikuti irama. 4/5


1 comment: