July 7, 2013

American Psycho (2000)

Christian Bale, aktor yang terkenal lewat karakter superhero Batman di trilogy The Dark Knight. Namun jauh sebelum itu, Bale sudah mencuri perhatian sebagai seorang psycho Patrick Bateman di film American Psycho.

American Psycho mengisahkan tentang Patrick Bateman (Christian Bale) seorang pria yang memiliki kehidupan nyaris sempurna, bekerja di Wall Street, kaya dan juga tampan. Namun dibalik kesempurnaan itu, Bateman mempunyai sisi kepribadian lain yang buruk. Dia adalah seorang psikopat yang bisa saja membunuh orang tanpa beralasan hanya karena kecemburuan material.

Film yang diadaptasi dari novel karya Bret Easton Ellis tahun 1991 berjudul sama. Melihat judulnya, mungkin kita sudah tahu film ini mengarah kemana. Film ini sarat dengan adegan-adegan sakit seperti adegan sadis yang melibatkan fisik hingga adegan vulgar yang diperlihatkan cukup frontal. Namun dibalik kesakitan itu, American Psycho menyajikan sebuah thriller satir yang menyindir kehidupan orang-orang yang mengagungkan materialisme, berfoya-foya, narsis dan suka pamer terhadap barang pribadi. Endingnya pun dipertemukan pada sebuah ambiguitas. Dan sebagai sebuah film thriller, American Psycho cukup mampu menghadirkan ketegangan. Dibeberapa adegan saya benar-benar dibuat tegang dengan adegan sadistiknya namun dibeberapa adegan lain  tidak. Mungkin karena pembawaan karakter Bateman yang komikal dan latar musiknya yang kurang nge-thrill.

Film ini diisi musik-musik 80an, tapi justru dengan musik seperti itu, kita akan merasakan sensasi adegan sadis yang unik dan berbeda. Credit terbesar jelas diberikan kepada Christian Bale yang berhasil menghidupkan karakter seorang psycho yang begitu kompleks dengan sangat baik. Tampil dengan ekspresif, total dan menjiwai. Saking ekspresifnya, ada salah satu adegan saat dia memegang kampak, dan adegan itu dijadikan sebagai salah satu objek lelucon di Meme Comic. Perannya di film ini jelas salah satu penampilan terbaik di sepanjang karirnya sebagai seorang aktor. Selain Bale, nama-nama lain macam Jared Leto, Willem Defoe, dan Reese Witherspoon juga bermain bagus memerankan peran masing-masing walau dalam durasi yang singkat.

Secara keseluruhan American Psycho adalah sebuah thriller satir yang berhasil menerjemahkan setiap lembaran novelnya kedalam layar lebar oleh seorang sutradara Mary Harron, sukses menyindir kaum sosialita yang mengagungkan materialisme. Berisi adegan gore dan nudity yang cukup tidak enak dilihat. Dengan performa maksimal dari seorang Christian Bale lewat aktingnya yang meledak-ledak sebagai seorang psycho.

7.5/10

No comments:

Post a Comment