July 15, 2013

Stoker (2013)

Terbilang sukses lewat thriller Oldboy tahun 2003 silam. Dia mencoba mengikuti jejak koleganya yakni Kim Ji-woon dengan The Last Stand. Park Chan-wook juga mencoba peruntungannya di dunia Hollywood lewat Stoker.

Stoker mengisahkan tentang India Stoker (Mia Wasikowska) yang harus merelakan kepergian ayahnya, Richard Stoker (Dermot Mulroney) akibat kecelekaan mobil di hari ulang tahun India ke-18. Pasca meninggal ayahnya, datang seorang lelaki yang mengaku sebagai adik dari Richard, Charlie (Matthew Goode) dia pun masuk ke dalam keluarga Stoker. Namun kehadiran Charlie tidak disambut hangat oleh India, dia merasa ada sesuatu yang mencurigakan dari sosok pamannya itu.

Park Chan-wook tidak langsung membawa penontonnya untuk masuk kedalam misterinya. Terlebih dahulu dia memberikan ruang kepada penonton untuk mengenal setiap karakternya. Dirasa pengenalan karakter sudah cukup, Park memberikan penontonnya misteri-misteri mencari tahu apa yang dilakukan paman Charlie di kehidupan India dengan intensitas ketegangan yang terjaga dengan sangat rapi dari awal. Cerita yang ditulis oleh Wentworth Miller tidak ada yang spesial sebenarnya, bahkan cenderung mudah ditebak endingnya. Tidak banyak ekplorasi yang mendalam, tidak banyak dramatisasi emosional. Untungnya sang sutradara tahu bagaimana caranya memperlakukan naskah yang sederhana menjadi thriller yang bagus, mampu tampil dengan unsur coming-of-age dalam durasi 99 menitnya.

Beruntung Park Chan-wook memiliki cast dan crew yang handal, yang memberikan apa yang diharapkan tercapai. Gambar-bambar apik, kelam namun disisi lain juga cantik dari seorang sinematografer Chung Chung-hoon, yang memang sudah sering bekerja sama di filmnya Park. Semakin thriller ditambah dengan tata musik arahan Clint Mansell dengan tones kelamnya. Juga editing cemerlang dari Nicolas de Roth yang mampu menata gambar dengan aliran dan irama thriller yang pas dan semakin memperkuat kualitas tata teknis film ini. Tentu jangan lupakan juga jajaran cast-nya yang bermain gemilang. Chemistry antara Mia Wasikowska dan Matthew Goode yang kuat berhasil menghidupkan peran dan hubungan antara karakter yang mereka perankan. Tidak lupa kehadiran nama-nama macam Nicole Kidman, Jacki Weaver, Dermot Mulroney dan Alden Ehrenreich yang juga semakin menguatkan komposisi akting film ini.

Secara keseluruhan Stoker adalah debut thriller Hollywood yang bagus dari seorang sutradara asal Korea Selatan, Park Chan-wook yang berhasil mengantarkan screenplay perdana Wentworth Miller – yang memang belum sempurna – menjadi sebuah thriller beratmosfer kelam namun indah, kepingan puzzle bertebaran terangkai satu demi satu membentuk sebuah penceritaan yang sebenarnya sederhana menjadi menarik. Apalagi diberikan dukungan terbaik dari departemen akting yang bermain solid dan tata teknisnya yang ciamik.

7.5/10


2 comments:

  1. Sepertinya keputusan untuk menjadikan Wentworth Miller sebagai penulis di film ini cukup salah :/ Mungkin kalau ditulis oleh penulis yang lebih berpengalaman, filmnya bakalan lebih bagus. Anyway, boleh tukeran link? Hehe, ini link saya crazygirlatcinema.blogspot.com :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong, thanks sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete