July 14, 2013

Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives (2010)

Berlabel Palme d’Or atau film terbaik di Cannes Festival 2010 lalu dan review positif dari para kritikus. Itu modal yang sudah cukup bagi saya untuk yakin menonton film ini.

Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives mengisahkan tentang Boonmee (Thanapat Saisaymar) seorang petani yang sedang mengidap penyakit ginjal. Orang-orang terdekatnya pun datang untuk megnobati dia yakni iparnya, Jen (Jenjira Pongpas) dan keponakannya, Tong (Sakda Kaewbuadee). Singkat cerita, istrinya yang sudah meninggal 19 tahun lalu pun tiba-tiba muncul serta anaknya yang menghilang selama 13 tahun muncul kembali dengan wujud monyet besar bermata merah. Mereka berdua juga datang untuk melihat kondisi Boonmee.

Jika membaca plot ceritanya memang terlihat sangat absurd. Bagaimana caranya orang yang sudah meninggal bertahun-tahun bisa muncul, dan orang yang melihatnya tanpa ada rasa kaget sedikit pun, diajak bicara malah. Sedari awal Uncle Boonmee memang sudah menampakkan keanehannya. Dibuka dengan setting di pesawahan menangkap gambar kerbau yang lepas dari ikatan, lalu berpindah tiba-tiba gambar siluet hitam bermata merah. Entah apa maksud dari adegan itu. Dan itu baru pembukaan, masih banyak adegan lain penuh makna yang akan menunggu. Harus diakui, membutuhkan beberapa saat untuk dapat menikmati film ini. Uncle Boonmee yang banyak diisi momen-momen dialog antar karakternya yang berisi banyak simbolisme, banyak menampilkan gambar-gambar diam sunyi penuh metafora. Dan itu tidak menjadikan saya turut bosan, justru saya semakin antusias sembari menerka-nerka apa maksud dari adegannya.

Jelas Uncle Boonmee bukan film yang bisa disantap banyak orang, besar kemungkinan akan berakhir dengan kebosanan. Akan menjadi sangat membosankan dan melelahkan bagi sebagian orang. Namun sebaliknya bisa menjadi sajian yang mengasyikkan bagi anda yang gemar film penuh muatan filosofis.  Tapi Uncle Boonmee jelas film yang tidak cukup hanya ditonton sekali, melainkan berkali-kali. Apichatpong Weerasethakul, dialah dalang dibalik segela keabsurdan ini. Sutradara yang memang kredibilitas karyanya selalu diapresiasi positif. Jangan merasa terbodohi oleh si sutradara, lupakan segala pertanyaan kenapa itu kenapa ini terjadi. Biarkan sang sutradara membawa anda masuk kedalam dunianya bersama paman Boonmee yang melihat kembali masa lalunya.

Secara keseluruhan Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives adalah sebuah film drama Thailand dari seorang Apichatpong Weerasethakul yang memiliki visi kuat terhadap studi karakter serta perjalanan spiritual dengan segala keabsurdannya, simbolisme antara kehidupan dan kematiannya. Semua melebur menjadi satu kesatuan yang kuat bersama dukungan terbaik dari departemen akting dan tata teknisnya yang semakin membuat visi sang sutradara tercapai sempurna.

8/10


No comments:

Post a Comment