July 24, 2013

Thank You For Smoking (2005)

Jason Reitman, sutradara yang saya kenal lewat Juno dan Up in the Air, yang mana berhasil mendapatkan nominasi best picture dan best director dari kedua film tersebut. Tapi jauh sebelum itu namanya sudah dikenal lewat film perdananya, Thank You For Smoking.

Thank You For Smoking mengisahkan tentang Nick Naylor (Aaron Eckhart) seorang pelobi dari Akademi Penilitian Tembakau yang mengkampanyekan rokok. Yang tentunya pekerjaannya tersebut berbanding terbalik dengan apa yang ada di pola pikir masyarakat bahwa merokok berbahaya. Ditambah lagi dia harus menjalani kehidupannya yang complicated, seperti mengurus anaknya, Joey Naylor (Cameron Bright), lalu terlibat skandal dengan wartawati, Heather (Katie Holmes), hingga harus menghadapi seorang senator anti-rokok, Finistirre (William H. Macy).

Dibuka dengan opening title sequence yang keren. Melihat nama cast dan crew dipajang dengan tipografi seperti brand di kotak rokok. Naskah cerita yang ditulis sendiri oleh Jason Reitman mengadaptasi dari novel Christopher Buckley berjudul sama. Diatas kertas film ini mungkin tampak kontroversial dan berat dengan topik pro kontra mengenai rokok. Thank You For Smoking mempunyai tempo yang asyik dan santai, membuatnya sangat mudah dan enak untuk diikuti. Apalagi dibalut dengan komedi-komedi satir yang nendang dan gampang untuk ditertawakan. Saya suka sekali gaya penceritaan film ini, menyajikan pro kontra seputar rokok tanpa harus terlihat mana yang benar dan mana yang salah.

Satu lagi yang saya suka dari film ini adalah dialog-dialog cerdasnya, apalagi argumen yang dihantarkan oleh karakter Nick Naylor. Salah satunya seperti pada suatu pertemuan Nick memberikan tanggapan bungkus rokok yang harus disertai gambar tengkorak karena berbahaya. Nick pun berargumen seharusnya pesawat dan keju juga harus diberi label tengkorak karena dua hal itu juga berbahaya dan mengakibatkan kematian. Dan yang paling penting adalah bukan gambar tengkorak, melainkan adalah edukasi. Bagaimana guru dan orang tua memberikan pelajaran bahwa merokok berbahaya. Nah itu dia salah satu argumen yang memorable di film ini, sebenarnya masih banyak lagi. Sedangkan dari departemen akting credit terbesar jelas disematkan kepada Aaron Eckhart, setiap dialog ataupun narasi yang dihantarkannya memiliki nyawa tersendiri. Selain itu aktor-aktris lain macam J.K. Simmons, Katie Holmes, William H. Macy, Cameron Bright, David Koechner, dan Mario Bello, mereka semua juga memberikan kapasitas akting yang cukup bagus.

Secara keseluruhan Thank You For Smoking adalah sebuah drama-komedi satir yang bagus dari debut penyutradaraan Jason Reitman dibalik intrik mengenai rokok dengan segala pro-kontranya diisi lelucon dan dialog cerdas berjalan dengan tempo yang pas dalam durasi 92 menitnya.

8/10


No comments:

Post a Comment