February 22, 2013

The Impossible (2012)

Pada tanggal 26 Desember 2004 yang lalu terjadi bencana gempa bumi dan tsunami yang sangat dahsyat meluluhlantahkan beberapa negera Asia termasuk Indonesia. Dan kini tahun 2012 lalu Juan Antonio Bayona seorang sutradara asal Spanyol yang sebelumnya menyutradarai The Orphanage, membuat film berdasarkan tragedy tersebut berdasarkan kisah nyata sebuah keluarga. Film itu berjudul The Impossible.

The Impossible mengisahkan tentang sebuah keluarga; sepasang suami istri Henry (Ewan McGregory) dan Maria (Naomi Watts) serta ketiga putra mereka Lucas (Tom Holland), Thomas (Samuel Joslin), dan Simon (Oaklee Pendergast), yang berlibur dalam rangka Natal ke sebuah kota bernama Khao Lak, Thailand. Sampai akhirnya liburan yang pada awalnya lancar, tiba-tiba datang tsunami menghujam wilayah tersebut. Yang akhirnya membuat masing-masing anggota keluarga tersebut hanyut terbawa ombak besar terpisah satu sama lain. Lalu apakah mereka mampu bertemu kembali dengan selamat dari hantaman ombak sialan tersebut, atau malah sebaliknya?

Naskah cerita yang ditulis oleh Sergio G. Sánchez. The Impossible dimulai dengan perkenalan para karakternya, memperlihatkan keharmonisan sebuah keluarga. Dan disaat dirasa sudah cukup, sutradara film ini Juan Antonio Bayona langsung menyeret kita dengan ombak besar tsunami yang menerjang pesisir pantai membawa hanyut keluarga tersebut terpisah. Tampilan gelombangnya benar-benar terlihat nyata dan mengerikan. Tata produksi di film ini benar-benar tergarap dengan sangat detil dan rapi. Suasana kumuh, hancur, hiruk-pikuk. Tata rias, tampilan luka-luka yang terlihat realistis. Scoring-music, diiringi musik-musik yang ditempatkan dibagian pas sukses mengaduk-aduk emosi penonton. Bayona tahu betul bagaimana memperlakukan sebuah film yang dari kisah nyata yang sebenarnya sudah bisa ditebak menjadi sebuah film berkelas. Meski saya yakin ada beberapa adegan yang sedikit di dramatisir tidak sesuai dengan kenyataannya, bahkan ada beberapa yang terasa berlebihan.

The Impossible banyak sekali adegan serta momen yang sangat menyentuh dan inspirasional. Jujur di beberapa adegan ada yang membuat saya sampai berlinang air mata. Seperti pada saat adegan nama Lucas diteriaki adik-adiknya lalu beberapa saat kemudian bertemu ayahnya. Departemen akting di film ini jelas adalah credit terbesarnya. Naomi Watts dengan ketotalitasannya yang apik, berhasil masuk nominasi best actress Oscar tahun ini. Ewan McGregor sebagai seorang ayah yang sangat bertanggung jawab dan bersimpati lebih terhadap keluarganya diperankan dengan baik olehnya. Namun yang cukup mencuri perhatian adalah pemeran anak tertua mereka, Lucas yang diperankan Tom Holland, dia bermain dengan cemerlang. Lalu Samuel Joslin sebagai Thomas dan Oaklee Pandergast sebagai Simon juga bermain dengan bagus. Chemistry semua anggota keluarga ini benar-benar terjalin sangat erat, kuat dan meyakinkan.

Terlepas dari kekurangan yang ada. Secara keseluruhan The Impossible adalah sebuah disaster-drama movie dari Spanyol tentang sebuah kisah nyata tragedi tsunami 2004 silam yang terlihat realistis dan mencekam sekaligus menyentuh serta inspirasional yang sangat bagus dari seorang Juan Antonio Bayona terhampar rapi dalam durasi 114 menit dengan kualitas tata produksi kelas atasnya yang siap mengoyak-ngoyak emosi anda.

8/10

No comments:

Post a Comment