February 4, 2013

Silver Linings Playbook (2012)

Senang sekali rasanya melihat genre favorit saya romantic-comedy tahun lalu menghadirkan kualitas film yang memuaskan sebut saja seperti The Perks of Being a Wallflower dan Ruby Sparks. Dan kini saya dibuat senang dengan kehadiran film terbaru David O. Russell berjudul  Silver Linings Playbook.

Silver Linings Playbook mengisahkan tentang Pat (Bradley Cooper) yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa setelah delapan bulan karena mengalami bipolar disorder. Kini dia tinggal dirumah bersama ibu dan bapaknya, Dolores (Jacki Weaver) dan Patrizio (Robert Di Niro). Dia mengalami itu karena tindakan kekerasan yang ia lakukan pada seorang pria yang tertangkap basah sedang berselingkuh dengan istrinya. Dan suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita bernama Tiffany (Jennifer Lawrence) yang juga mempunyai masalah dengan emosi dan masa lalunya, paska kehilangan suaminya dalam kecelekaan lalu lintas. Mereka pun sering bersama, saling menyembuhkan satu sama lain, dan akhirnya butir-butir cinta pun mulai tumbuh.

Cerita Silver Linings Playbook ditulis oleh Davis O. Russell sendiri diangkat dari novel berjudul sama karangan Matthew Quick, berhasil masuk Oscar sebagai best writing-adapted screenplay. Yah mungkin akan ada yang menghakimi bahwa film ini adalah film yang klise, tidak juga. Tapi Silver Linings Playbook bukan sekedar film romantic-comedy belaka, ada dramanya juga, ada sisi kehangatan keluarga, dan tidak ketinggalan juga Russell mengangkat tema seperti olahraga dan dance. Adegan kegilaan mereka yang diisi dialog-dialog komedi cerdasnya yang berkelas dan tidak pasaran lengkap dengan beberapa momen menyentuhnya. Ditambah dengan lagu-lagu yang easy-listening disepanjang film sangat cocok sekali dengan setiap adegannya menambah emosi yang dihantarkan semakin terasa serta kualitas unggulan dari tata editingnya yang juga berhasil masuk Oscar. Lalu ditutup dengan endingnya yang manis meski memang sudah bisa ditebak dari awal, kita pasti tahu bahwa mereka akan berakhir bahagia dan akhirnya berciuman. Ya saya memang tidak pernah mengalami hal-hal yang dialami para karakter utamanya, tapi Russell benar-benar memberikan gambaran kehidupan orang yang mengalami gangguan mental atas masa lalunya berusaha untuk move on dengan cukup baik.

Tentu keberhasilan ceritanya itu tidak lepas dari performa deretan pengisi departemen aktingnya yang tampil apik. Bradley Cooper, saya mulai suka dengannya sejak The Hangover, di luar dugaan tampil bagus sebagai seorang yang mempunyai masalah dengan masa lalunya, perpaduan antara seorang yang humoris namun juga mampu tampil serius. Sedangkan Jennifer Lawrence, saya selalu suka dengannya terlepas dari wajah dan tubuhnya yang enak dilihat, sukses menjadi lem perekat yang kuat menempel saya menonton film ini dalam durasi dua jamnya. Mereka berdua mampu tampil dengan chemistry yang hangat. Lalu ada juga Robert De Niro dan Jacki Weaver, sepasang orang tua yang mampu tampil dengan gemilang, terlebih lagi chemistry De Niro dan Bradley benar-benar terjalin dengan sangat baik sebagai ayah dan anak. Karakter-karakter ini diberikan ruang cukup luas oleh Russel untuk berkembang bersama dengan konflik yang dihasilkan. Dan lebih hebatnya lagi, mereka berempat berhasil masuk mominasi Oscar di best actor, actress, dan supporting. Cast pendukung lainnya juga berhasil membawakan peran mereka dengan baik.

Silver Linings Playbook memang layak masuk 8 nominasi Oscar; best picture, best director, best writing adapted, best editing, dan 4 kategori akting, dan saya yakin setidaknya ada satu yang mereka bawa pulang, saya berharap sih dari kategori akting. Senang sekali rasanya melihat genre favorit saya romantic-comedy masuk nominasi Oscar bersaing sulit bersama dengan film-film hebat lainnya. Bahkan sebelumnya Silver Linings Playbook terlebih dahulu sudah membawa pulang banyak piala dari beberapa ajang award dan festival. Ya, secara keseluruhan Silver Linings Playbook sukses menjadi sebuah sajian kisah drama komedi romantis yang kuat, lucu, menyentuh dan tidak akan mudah dilupakan begitu saja plus didukung penampilan gemilang ensemble cast-nya.

8/10

5 comments:

  1. Seneng banget nonton film ini. Divisi akting Silver Linings bener-bener prima! Bro, boleh tukeran link? Link gue http://review-luthfi.blogspot.com/ . Thank You :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah gan, terimakasih sudah berkunjung ke blog ane ya

      Delete
  2. great post,i offer you to watch Silver Linings Playbook, really great movie, or Watch Silver Linings Playbook or the one more is From Up on Poppy Hill..

    ReplyDelete