December 9, 2012

Diary of a Wimpy Kid: Dog Days (2012)


Setelah film Diary of a Wimpy Kid yang hadir dengan segala kejenakaan, kelucuan dan keserderhanaannya cukup sukses dua tahun yang lalu. Setahun berselang tahun 2011 menelurkan sequel keduanya Diary of Wimpy Kid: Rodrick Rules. Dan tahun ini mereka kembali mengeluarkan installment ketiganya yang berjudul Diary of a Wimpy Kid: Dog Days.

Diary of a Wimpy Kid: Dog Days bercerita tentang Greg (Zachary Gordon) yang berencana untuk menghabiskan masa liburan musim panasnya dengan bermain video game seharian. Tapi rencananya itu tidak berjalan sesuai rencana. Ayahnya, Frank (Steve Zahn) malah memasukkan dia ke Wilderness Explorers (semacam Pramuka gitu). Agar terhindar dari kegiatan tersebut Greg pun harus berbohong dengan ayahnya untuk ikut dengan Rowley (Robert Capron) ke Country Club. Dan disitulah liburan terbaik sepanjang masa Greg terjadi.

Film yang diadaptasi dari novel ketiga dan keempat dari Diary of a Wimpy Kid, The Last Straw dan Dog Days ini sebenarnya tidak ada yang baru dari segi ceritanya. Kisah sehari-hari bocah ingusan. Karakter-karakter yang masih sama, bedanya cuma sedikit tambahan beberapa karakter baru. Unsur komedi memang menjadi menu utama di film ini. Namun menjelang akhir semuanya berubah agak sedikit menyentuh namun juga tetap konyol. Apalagi saya dikejutkan dengan Rodrick (Devon Bostick) dengan bandnya Loded Diper menyanyikan lagu Baby-nya Justin Bieber secara rock, dan jujur itu cukup menghibur dan kocak. Lalu kita berbicara tentang departemen aktingnya. Zachary Gordon sebagai Greg seperti biasa tampil tidak natural dan over. Hal yang sama juga dilakukan artis-artis cilik lainnya.

Setelah film sebelumnya petualangan Greg yang lebih berfokus pada hari-hari pertama masuk SMP. Lalu film keduanya lebih memfokuskan hubungan dengan kakaknya, Rodrick. Sekarang film ketiganya lebih fokus pada masa liburan musim panas Greg. Film yang disutradarai David Bowers ini masih tetap menggunakan visualisasi dan humor komikal yang kreatif seperti dua film sebelumnya. Tapi apakah kelucuannya masih sama? Pada Rodrick Rules saja kadar humornya sudah mulai sedikit berkurang, apalagi di Dog Days kadar humor-humornya malah semakin berkurang lagi. Bisa dihitung jari berapa kali saya sampai tertawa lepas menonton film ini, sisanya saya hanya tersenyum. Dan hebatnya pundi-pundi uang yang dikumpulkan sequel ini malah mengalami peningkatan dari film sebelumnya. Ya, saya berharap jika film seri Dairy of a Wimpy Kid ini masih membuat sequel lagi, mudah-mudahan suguhan komedinya bisa sesegar film perdananya, Amin.

Well… terlepas dari kritikan yang ada, pada akhirnya Diary of a Wimpy Kid: Dog Days adalah tetap sebuah film komedi keluarga yang cukup menghibur dan menyenangkan serta pilihan yang tepat untuk mengisi waktu-waktu santai anda dirumah dengan segala kebosanan yang ada selama liburan dengan ditemani sekantung kentang goreng dan segelas pepsi.

7/10


1 comment:

  1. reviewnya bagus min :) jadi pengen nonton filmnya u,u yang mau baca review film terbaru, bisa mampir ke http://gostrim.com/category/movie-review/ selamat membaca :)

    ReplyDelete