December 3, 2012

Premium Rush (2012)


Hal yang membuat saya tertarik menonton film ini selain bahwa ceritanya yang unik adalah adanya Joseph Gordon-Levitt sebagai aktor utama di film ini, sudah terlalu sering saya melihat aktingnya sehingga sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sebagai aktor papan atas yang tahun ini juga sedang naik daun, mulai dari 500 Days of Summer, Inception, 50/50, The Dark Knight Rises, hingga Lopper yang tanggal rilis tidak lama dengan Premium Rush.

Premium Rush bercerita tentang Wilee (Joseph Gordon-Levitt) seorang kurir sepeda yang suatu ketika menerima tugas untuk mengantarkan sebuah paket dari Nima (Jamie Chung) ke seorang bernama Sister Chen yang berada di China Town. Masalah mulai hadir ketika seorang polisi bernama Bobby Monday (Michael Shannon) datang dan meminta Wilee untuk menyerahkan paket yang dia bawa tersebut. Dalam usaha pengiriman paket tersebut dia dibantu Vanessa (Dania Ramirez) agar paket tersebut tidak direbut. Lantas apakah Wilee mampu menyelasaikan tugas tersebut atau sebaliknya?

Alur cerita dari Premium Rush sebenarnya sederhana saja mudah dipahami, tidak perlu sebuah pemikiran yang dalam untuk memahami setiap kedetilannya. Premium Rush tidak hanya berkisah tentang masalah paket itu saja, Premium Rush juga memiliki beberapa subplot, contohnya seperti cerita tentang cinta segitiga antara Wilee, Vanessa dan Manny (Wolé Parks). Namun, sebenarnya tanpa subplot itupun tidak masalah, toh tidak akan mengganggu alur cerita dan tidak terlalu berkesan juga. Justru subplot itu hanya membuat durasinya semakin panjang saja dan lalu ending film ini juga berakhir antiklimaks jauh dari ekspektasi saya sebelumnya. Terlepas dari kekurangan itu, satu hal yang suka dari Premium Rush adalah gaya penceritaanya yang ber-flashback, melompat-lompat dari satu waktu ke waktu yang lain secara dinamis. Selain itu ada satu hal yang sukai dari Premium Rush yaitu suguhan visualnya seperti penampilan rute jalan yang dikemas dengan kreatif, lalu pemunculan isi pikiran Wilee memprediksikan jalannya melewati kehiruk-pikukann kota New York agar terhindar tabrakan kendaraan lain yang juga dikemas tidak kalah menariknya.

Unsur teknis dari film ini juga semuanya digarap dengan bagus mulai dari sinematografi, scoring, hingga jajaran cast-nya. Joseph Gordon-Levitt sang aktor utama di film ini bermain sangat total sebagai Wilee. Dia benar-benar menunjukan kapasitasnya sebagai salah satu aktor terbaik yang dimiliki Hollywood saat ini. Melaju dengan kecepatan tinggi menggunakan sepeda dengan hanya helm sebagai pengaman, tentu sangat membahayakan nyawa. Bisa dilihat ketotalannya seperti dia mempelajari trik-trik mengendarai sepeda fixie bahkan kabarnya Gordon-Levitt sempat mengalami kecelakaan yang menyebabkan tangannya harus dijahit. Hmm... Ride Like Hell. Lalu tokoh antagonis di film ini Bobby Monday diperankan Michael Shannon sebagai seorang polisi bodoh nan gila bertampang psyco yang sangat pas diperankan olehnya. Lalu cast yang lain juga tampil cukup baik meski tidak semuanya, mereka lumayan memberikan andil dalam jalannya cerita.

Pada akhirnya Premium Rush adalah contoh sebuah film dengan cerita sederhana namun dikemas dengan berkelas. Selama satu setengah jam lebih adrenalin anda akan dibawa Premium Rush mengelilingi keramaian kota New York. Sebuah film yang sangat direkomendasikan untuk anda para pecinta sepeda, khususnya fixie. Dan bagi anda yang menyukai aksi kejaran-kejaran kendaraan dengan kecepatan tinggi layaknya Fast & Furious.

7.5/10

No comments:

Post a Comment