January 16, 2013

Architecture 101 (2012)

Bingung mau buat paragrap pembukanya gimana, langsung baca aja deh reviewnya.

Architecture 101 mengisahkan tentang Seung Min (Uhm Tae-woong) yang didatangi seorang wanita bernama Seo Yeon (Han Gan-in) untuk merenovasi rumah masa kecilnya di Pulau Jeju. Seung Min yang pada awalnya tidak mengenal siapa wanita tersebut akhirnya mulai ingat, ternyata wanita itu adalah cinta pertamanya dulu. Setelah berapa kali mengahabiskan wakut bersama, kita akan dibawa melihat 15 tahun ke belakang kehidupan remaja mereka, Seung Min (Lee Je-hoon) mahasiswa arsitektur yang diam-diam menyukai Seo Yeon (Bae Suzy) mahasiswi musik yang juga ikut kelas arsitek. Kita akan melihat bagaimana awal pertemuan mereka, hingga akhirnya buih-buih cinta mulai hadir dihati keduanya.

Sutradara film ini yang sebelumnya pernah menyutradarai film Possessed, Lee Young-Ju berhasil membagi plotnya menjadi dua bagian yang seimbang, baik remaja maupun dewasanya yang sama-sama mempunyai chemistry sama bagusnya. Kedua plot itu berjalan bergantian secara dinamis dan relevan bersama dengan alur maju-mundurnya yang manis dengan dukungan aspek teknisnya seperti setting Korea Selatan era 90an dan referensi budaya dan lagu-lagu keren pada zamannya. Lihat saja pakaian, gaya rambut, pager, toycam, pemutar cd, hingga soundtracknya. Ditambah dengan aspek teknis lain seperti scoring-music dan sinematografi yang indah termasuk menampilkan pemandangan laut yang eksotis.

Architecture 101 bukanlah sekedar drama romantis murahan yang menjual romansa cengeng dan air penonton begitu saja. Tanpa harus terlihat seperti sinetron dan berlebihan. Tidak ada dramatisasi yang berlebih, semuanya mengalir dengan kesederhanaan ceritanya yang indah sehingga penonton merasakan keserhanaan tersebut menjadi sebuah jalinan cerita yang begitu mendalam bagi siapa saja yang menontonnya. Hal ini juga diperkuat dengan chemistry tiap pasangannya yang kuat, Uhm Tae-woong dan Han Ga-in sebagai pasangan dewasa yang tampil serasi pertemuan kembali sahabat lama yang telah dewasa tanpa menjadi terlalu sentimentil. Juga Lee Je-hoon dan Bae Suzy sebagai pasangan remaja dengan momen-momen kebersamaan yang romantis tanpa harus membanjirinya dengan adegan ciuman ataupun pelukan berlebihan dan kelewat batas. Beberapa karakter minor lainnya pun juga tampil tidak kalah bagusnya membawakan peran mereka dengan baik.

Secara keseluruhan Architecture 101 adalah sebuah film yang diluar dugaan mampu menarik perhatian saya dengan beberapa momen komedinya, kisah pahit-manis cinta pertama remaja dari Korea Selatan yang terbungkus dalam presentasi yang apik dan manis lengkap dengan segala aroma nostalgianya yang kental serta jajaran cast-nya yang tampil dengan kualitas aktingnya yang bagus dan gemilang dalam durasi 118 menitnya dari seorang Lee-Young Ju.

7.5/10

No comments:

Post a Comment