January 22, 2013

Nameless Gangster (2012)


Menang di berbagai ajang penghargaan macam Blue Dragon Awards, Buil Film Awards, Baeksang Arts Awards, dan ajang lainnya serta berhasil menjadi the third highest domestic grossing movie in Korean film history dengan admissions 4,698,291 dan gross revenue 36,378,808,500. Apalagi yang membuat saya berpikir dua kali untuk tidak yakin dengan film gangster-noir dari Korea Selatan ini, Nameless Gangster.

Nameless Gangster mengisahkan tentang Choi Ik-hyun (Choi Min-sik) seorang yang pada awalnya adalah seorang petugas bea cukai di sebuah pelabuhan yang mana dia sering menerima suap. Karena suatu hal, kegiatannya itu terbongkar dan ia pun dipecat. Sampai suatu hari dia mendapati dua orang yang membongkar barang muatan berisi heroin. Dia pun memutuskan untuk menjual heroin tersebut kepada Choi Hyung-bae (Ha Jung-woo). Akhirnya dia pun menjadi bagian dari gang Hyung-bae. Mulai saat itulah kehidupan Ik-hyun sebagai gangster dimulai. Sampai akhirnya Presiden Korea pada saat itu menyatakan perang terhadap gangster dan memerintahkan jaksa-jaksa untuk menangkap mereka bahkan jika perlu menggunakan pistol sekalipun. Ik-hyun dan gangster lainnya pun ditangkap.

Gangster? Seperti yang kita ketahui, disetiap film bertema gangster selalu ada perkelahiannya. Di Nameless Gangster adegan perkelahian yang diperlihatkan sederhana saja namun bergitu berkelas. Mulai dari tangan kosong, hingga menggunakan media seperti tongkat baseball, botol kaca, dan pisau.Tanpa harus dipenuhi dengan koreografi aksi yang menawan ataupun desingan suara jual beli peluru yang menbanjiri film. Itulah yang membuat film ini sangat realistis, ditambah lagi dengan kondisi Korea tahun 80an diperlihatkan cukup detil seperti pemilihan kostum, gaya rambut, warna-warna yang dipilih hingga aktor-aktornya yang semuanya sangat cocok dengan setting pada zaman itu. Serta memadukan cerita dengan acara berita ditelevisi yang terlihat sangat realistis entah berita itu apakah benar-benar terjadi di Korea pada tahun itu. Scoring-music nya juga bagus, kadang menghadirkan suara-suara yang terdengar lucu, kadang juga menghadirkan suara-suara yang begitu menegangkan.

Tidak hanya berman-main dengan otot, film ini juga bermain dengan otak seperti bagaimana taktik kerja sama, rela berkorban hingga pengkhianatan. Ditambah lagi di beberapa adegannya yang juga dibumbui momen komedi yang berhasil memancing tawa saya. Dan sepeti kebanyakan film Korea yang suka sekali mengangkat sisi hangat keluarga, di film ini terlihat hubungan bapak dan anak yang erat. Keberhasilan ceritanya itu pun tidak lepas dari aktor-aktor yang dihadirkan, terlebih lagi pemeran utamanya Choi Min-sik yang kita kenal lewat film Oldboy bermain gemilang sebagai seorang gangster yang lebih mengedepankan otak ketimbang otot ini berhasil menyabet gelar sebagai best actor di berbagai ajang penghargaan di Korea sana. Aktor-aktor lainnya pun sukses membawakan peran mereka dengan baik serta chemistry tiap karakternya yang apik.

Secara keseluruhan Nameless Gangster adalah sebuah sajian gangster dari Korea Selatan yang berkelas dan cerdas terhampar baik dalam durasi 133 menit film ini. Kedetilan sutradara Yun Jong-bin untuk menggambarkan kehidupan gangster secara realistis serta merangkainya menjadi sebuah penceritaan yang mudah diterima dengan kehadiran karakter-karakter yang menarik ditambah dengan ensemble cast-nya yang tampil ciamik jelas adalah keunggulan yang mampu membuat Nameless Gangster tampil begitu istimewa dan laris ditonton jutaan manusia di Korea sana bahkan di dunia.

7.5/10

No comments:

Post a Comment