January 30, 2014

August: Osage County (2013)

August: Osage County mengisahkan tentang Violet Weston (Meryl Streep) yang baru saja ditinggal suaminya Beverly Weston (Sam Shepard) setelah bunuh diri. Dalam rangka pemakaman Beverly, seluruh anggota keluarganya pun berkumpul dalam satu rumah. Mulai dari ketiga putri tercintanya; Barbara (Julia Roberts), Karen (Juliette Lewis) dan Ivy (Julianne Nicholson) hingga menantu, cucu, dan adiknya pun turut datang. Mulai dari pertemuan keluarga itulah muncul percekcokkan antar keluarga yang diliputi perdebatan besar.

Film ini diadaptasi berdasarkan salah satu pementasan teater yang pernah mendapat Pulitzer Award berjudul sama milik Tracy Letts, yang mana dia juga menjadi penulis naskahnya disini. Sedangkan dibangku sutradara diisi oleh John Wells. August: Osage County memfokuskan ceritanya pada sebuah keluarga besar yang “gila”. Namun ini bukan malah menjadi sebuah sajian yang membosankan. Beruntungnya film ini ditulis oleh orang yang tepat, yakni si pemiliknya sendiri: Tracy Letts. August: Osage County punya fondasi struktur cerita yang kuat sedari awal hingga akhir. Diawali dengan sabar memperkenalkan karakter-karakternya, siapa ini siapa itu, memberikan satu akar masalah yang mengharuskan semua anggota keluarga berkumpul. Dan kisah yang sebenarnya pun dimulai.

August: Osage County punya sederatan dialog-dialog kuat. Itulah nyawa dan nafas dari film ini, mulai dari percakapan biasa hingga perdebatan berkepanjangan penuh ledakan emosi. Dan adegan pada makan malam adalah yang terbaik disini, bagaimana itu mulai dari saling mencaci maki, adu mulut, hina-menghina, sindir-menyindir. Apalagi August: Osage County dibalut oleh sentuhan komedi yang minimalis dimana itu diselipkan dengan halus di perdebatannya yang padat itu. Untuk ukuran sebuah drama keluarga disfungsional, part komedi di film ini berhasil membuat saya tertawa. Apalagi Jon Wells sang sutradara tahu betul dimana harus menempatkan momen-momen menyentuh mempermainkan emosi penontonnya. Apalagi semakin menarik ketika diberikan twist yang mengejutkan ketika beberapa rahasia dari keluarga ini terungkap.

Tentu saja segudang dialog-dialog kuatnya itu tidak akan mampu terlihat begitu luar biasa jika tidak didukung oleh jajaran cast yang luar biasa juga. Meryl Streep, seperti biasa tampil begitu memikat dan bagus. Disini beliau memerankan sesosok ibu yang drug addict dengan membawa senjata lewat mulut ganasnya yang siap menyerang anggota keluarganya, perpaduan antara menyebalkan sekaligus lucu. Diperankan begitu meyakinkan oleh nyonya Streep, bagaimana itu terlihat dari gaya bicara dan jalannya. Julia Roberts, tampil sama bagusnya menyeimbangkan performa Streep. Dia disini bergerak seperti sebagai pengontrol ceritanya. Alhasil mereka berdua berhasil masuk nominasi Oscar tahun ini untuk Best Actress untuk Streep dan Best Supporting Actress untuk Roberts. Dan ini masih belum menyebutkan nama-nama lain seperti; Ewan McGregor, Abigail Breslin, Chris Cooper, Benedict Cumberbatch, Juliette Lewis, Margo Martindale, Dermot Mulroney, Julianne Nicholson hingga penampilan singkat Sam Sheppard dan Misty Upham. Jajaran cast di film ini punya part masing-masing menghasilkan ledakan emosi sendiri-sendiri.

Secara keseluruhan August: Osage County adalah sebuah drama keluarga yang bagus. Bagaimana sutradara John Wells dan pemilik asli ceritanya Tracy Letts mampu memberikan sebuah kisah keluarga disfungsional dengan sederetan dialog-dialog kuat yang dilakukan dengan perdebatan penguras emosi apalagi itu diberi sentuhan black-comedy-nya dan semakin bagus ketika film ini diisi divisi acting yang begitu bagus dalam durasi 120 menitnya dibawah panas terik kota Osage County dibulan Agustus.

8/10


No comments:

Post a Comment