January 18, 2014

The Secret Life of Walter Mitty (2013)

“TO SEE THE WORLD, THINGS DANGEROUS TO COME TO, TO SEE BEHIND WALLS, TO DRAW CLOSER, TO FIND EACH OTHER AND TO FEEL. THAT IS THE PURPOSE OF LIFE.”

The Secret Life of Walter Mitty mengisahkan tentang Walter Mitty (Ben Stiller) seorang pekerja di sebuah majalah bernama LIFE. Tugasnya adalah menyusun foto-foto untuk cover majalah. Suatu hari sebuah klise foto penting bernomor 25 tiba-tiba hilang. Yang semestinya foto tersebut harus dimuat di cover majalah LIFE edisi terakhir. Walter pun berusaha untuk menemukan klise foto tersebut sampai harus membahayakan keselamatan dirinya.

Film ini disutradarai sendiri oleh pemeran utamanya Ben Stiller. Dengan screenplay-nya ditulis oleh Steve Conrad berdasarkan cerita pendek berjudul sama karangan James Thurber. Well, kalau boleh saya bilang The Secret Life of Walter Mitty adalah sebuah film dengan multi genre. Selain drama, film ini juga dibalut komedi, romansa, fantasi, adventure bahkan action (sedikit). Drama, mungkin sisi inilah yang paling dominan. Bagaimana tokoh Walter disini dihadapkan dengan masalah-masalah kompleks. Dihadapkan dalam posisi harus mengambil resiko, walau sekalipun itu dapat membahayakan nyawanya. Bagaimana sikap pantang menyerah sebelum mendapatkan apa yang ia inginkan. Terus berjuang mewujudkan mimpi-mimpinya, tidak hanya duduk diam berangan-angan semata. Tampak dari bungkusnya The Secret Life of Walter Mitty memang nampak seperti film yang begitu inspiratif, berisi banyak momen dan kata-kata motivatif.

Sisi dramanya itu untungnya disajikan dengan kadar yang pas, tidak ada momen-momen kelewat mellow. Dan kita harus ingat siapa dalang dibalik film ini, Ben Stiller, seorang komedian senior. Yang sudah menjadi hal pasti bahwa The Secret Life of Walter Mitty juga akan dibalut komedi. Bagaimana joke-joke ringan tapi nendang, yang alhasil beberapa kali dibuat tertawa lepas. The Secret Life of Walter Mitty juga punya sisi manisnya, dihiasi oleh romansa yang mana Walter disini mempunya love interest terhadap Cheryl Melhoff (Kristen Wiig). Fantasi, hadir ketika Walter sedang berkhayalan atau melamun. Adventure, tokoh Walter yang disini diceritakan berpetualang lintas benua mulai dari Amerika, Greenland, Islandia hingga Afghanistan. Petualangan itu pun menjadi indah ketika disetiap perjalanan Walter diberikan pemandangan-pemandangan eksotisnya alam. Dan yang terakhir action, ya walau cuma hadir dengan dosis yang sangay kecil. Tapi bagian ini cukup memorable bagi saya, yakni ketika Walter dan bosnya bernama Ted (Adam Scott) yang berkelahi merebutkan boneka.

The Secret Life of Walter Mitty juga unggul di aspek produksinya. Mulai dari sinematografi arahan Stuart Dryburgh yang berpadu dengan editing tatanan Greg Hayden yang akhirnya menghasilkan gambar-gambar yang cantik dan indah. Didukung juga oleh spesial efeknya yang alhasil menghadirkan visual yang keren. Lalu scoring music dan sederetan soundtrack yang asyik setia menemani perjalanan Walter, favorit saya ketika lagu Space Oddity milik David Bowie didendangkan itu semacam ada energi penyemangat. Selanjutnya divisi akting, tidak ingin berkomentar banyak mengenai ini. Yang pasti para aktornya berhasil memerankan peran mereka masing-masing dengan baik; Ben Stiller, Kristen Wiiig, Adam Scott hingga Kathryn Hahn dan Sean Penn.

Secara keseluruhan The Secret Life of Walter Mitty adalah sebuah film drama yang bagus. Bagaimana Ben Stiller mengarakan sebuah film dengan balutan sisi komedi, adventure, fantasi dan romansa-nya dengan tatanan yang pas, ditambah dengan penceritaan tentang arti kehidupannya yang penuh dengan kalimat-kalimat inspiratif yang motivatif dalam durasi 114 menitnya.

8/10


No comments:

Post a Comment